Berikut adalah 3 Bahaya Aplikasi Smartphone Gratis

Berikut adalah 3 Bahaya Aplikasi Smartphone Gratis

HarianDepok.com – Tekno  , Aplikasi gratisan yang banyak bertebaran di toko aplikasi smartphone seperti Google Play dan iOS App Store, tidak diragukan lagi kerap menjadi buruan utama para penggemar gadget. Akan tetapi, dibalik iming-iming ‘gratis’ itu, terdapat bahaya yang selalu mengintai. Seperti yang dikutip Daily Mail Senin (06/04/2015), Berdasarkan hasil penelitian William Halfond serta sejumlah peneliti gabungan salah satu universitas di Kanada, membuktikan bahwa aplikasi gratis smartphone akan berdampak buruk pada  baterai, memori, serta paket data smartphone. Berikut adalah hasil dari penelitian tim Halfond ;

  1. Baterai

Pada smartphone yang terdapat banyak aplikasi gratisnya, akan menyebabkan sekitar 16 persen kapasitas baterainya akan terbuang percuma. Hal seperti ini dapat menyebabkan baterai satu jam lebih cepat habis. Keberadaan iklan yang mengkonsumsi lebih banyak daya baterai menjadi penyebab dari masalah ini.

  1. Memori

Keberadaan iklan di aplikasi gratis juga berpengaruh pada memorid an prosesor smartphone. sekitar 48 persen waktu proses prosesor serta 22 persen RAM akan habis digunakan oleh iklan-iklan mobile. Dan akibatnya, smartphone akan terasa menjadi lebih lemot.

  1. Paket data

Beberapa aplikasi gratis yang Anda unduh dari Google Play dapat menghabiskan paket data sampai lebih dari 79 persen. Dan semua itu, diakibatkan oleh keberadaan iklan. Tentu saja aplikasi akan memerlukan lebih banyak kuota data dari yang seharusnya karena untuk menampilkan iklan-iklan tersebut. Bahkan, melihat dari sejumlah kasus, iklan mobile dapat menghabiskan paket data sama besarnya dengan aplikasi itu sendiri.  Dan hasilnya, pengeluaran Anda untuk membeli paket data dapat menjadi besar. Oleh karena itu, pengguna smartphone dianjurkan untuk lebih selektif dalam memasang aplikasi gratis. Sebaiknya, pasanglah aplikasi yang benar-benar dibutuhkan dan rutin menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok