Penerbangan Perdana Pesawat Bertenaga Surya

Penerbangan Perdana Pesawat Bertenaga Surya

HarianDepok.com – Tekno , Untuk kali pertama, pesawat bertenaga surya belum lama ini sudah diterbangkan di Abu Dhabi. Langkah seperti ini dilakukan skaligus untuk mempromosikan energi hijau atau energi ramah lingkungan, dan menguji kemampuan pilot. Andre Borschberg merupakan seorang pilot berpengalaman yang berasal dari Swiss ini menerbangkan jet canggih ramah lingkungan lepas landas pada pukul 07.12 waktu setempat di bandara Al-Bateen menuju ke Muscat, ibukota negara Oman.

Seperti yang dikutip laman Telegraph, Selasa (07/04/2015), ia terbang dengan menggunakan pesawat yang bernama Solvay atau Solar Impulse ini bersama Bertrand Piccard, sang pendiri Solvay. Borschberg mengatakan dari Muscat, akan melakukan perjalanan epik selama lebih dari lima bulan dan akan melakukan 12 pemberhentian, dengan total waktu penerbangan sekitar 25 hari.

Borschberg akan menyeberangi Laut Arab ke India dalam perjalanannya sebelum menuju ke China, Burma, New York, dan Hawaii. Pesawat tersebut didukung oleh lebih dari 17.000 sel surya yang menempel pada sayapnya. Pesawat tersebut hanya mempunyai berat 2,3 ton berkat desainnya yang inovatif. Borschberg dan Piccard diperkirakan akan kembali ke Abu Dhabi pada akhir bulan Juli atau bulan Agustus 2015.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok