Kementerian Agraria Diminta Jokowi Agar Mengkaji Penghapusan PBB

Kementerian Agraria Diminta Jokowi Agar Mengkaji Penghapusan PBB

ilustrasi perumahan

 

HarianDepok.com – Properti , Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) diinstruksikan oleh Presiden Joko Widodo agar meneruskan kajian terkait penghapusan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta reformulasi Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP). Seperti yang dikatakan Ferry Mursyidan Baldan, Menteri ATR/Kepala BPN, di Jakarta, Senin (06/04/2015), “Pada tanggal 1 April 2015, Kementerian ATR/BPN melakukan presentasi mengenai reformulasi NJOP serta PBB dalam Rapat terbatas yang dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, Mendagri, Menko Perekonomian, Menteri Keuangan serta Sekretaris Kabinet,”

Ferry menyebutkan, dalam rapat terbatas tersebut menyimpulkan serta merekomendasikan Kementerian ATR/BPN untuk meneruskan kajian reformulasi NJOP serta penghapusan PBB untuk masyarakat yang tidak mampu. Menurut Ferry, Presiden meminta Kementerian ATR/BPN agar berkoordinasi dengan Mendagri, Menteri Keuangan dan Pemerintah Daerah (Pemda). Ferry menerangkan, reformulasi NJOP adalah sebagai bentuk pengendalian terkait harga lahan tanah serta PBB merupakan bea yang dikenakan untuk subyek pajak. “PBB sebenarnya adalah bukan bea pada nilai tanah serta bangunan atau obyek pajak,” terang Ferry.

Ferry melanjutkan, Dengan begitu, pemerintah harus mempertimbangkan kemampuan subyek pajak untuk membayar PBB berupa keringanan maupun penghapusan. Ferry menambahkan, subyek pajak yang masuk dalam kategori akan mendapatkan penghapusan diantaranya, pensiunan Polri, pekerja sektor informal, veteran,  TNI, rumah sosial, penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), dan masyarakat yang berpenghasilan rendah (MBR). Ferry menjelaskan, dari sisi pendapatan daerah, PBB sebagai instrumen penting sehingga Pemda bisa mengintensifkan pajak bangunan serta lahan komersial, dan subyek pajak yang sanggup membayar PBB untuk melanjutkan program mensejahterakan masyarakat.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok