Di Depok Sebanyak 16 Sekolah Telah Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Di Depok Sebanyak 16 Sekolah Telah Siap Gelar UN Berbasis Komputer

HarianDepok.com – Berita , Di Kota Depok sudah ada 16 sekolah SMA dan sederajat yang telah siap untuk menggelar Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT). Melihat dari segi sarana prasarana penunjang dan fasilitas, setidaknya ada enam sekolah negeri dan 10 sekolah swasta di Depok yang telah siap melaksanakan UN CBT. Seperti yang dikatakan Hery Pansila, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Minggu (05/04/2015), “Berdasarkan hasil rekomendasi tim verifikasi, hanya ada 16 sekolah yang lolos dan dinyatakan siap.”

Namun ada juga yang tidak lolos penilaian dikarenakan dianggap belum siap. Berikut adalah sekolah yang ikut UN CBT yaitu SMAN 1, 2, 3, 6, 9 dan SMK 2 serta 10 sekolah SMA sederajat swasta” Hery mengungkapkan, bahwa Depok merupakan sekolah terbanyak yang telah siap melaksanakan UN CBT. “Di Depok totalnya ada 16 sekolah. Jumlahnya tersebut merupakan yang terbanyak atau tertinggi se-Jawa Barat,” jelasnya. Menurut Tsabita, salah seorang siswa SMAN 1 mengatakan, melihat dari segi waktu, kelebihan UN CBT jauh lebih efektif dan menghemat waktu.

Namun ia juga mengakui, agar tidak mendapatkan kesulitan ketika melaksanakan UN CBT, dirinya masih perlu banyak latihan.”Dari segi waktu memang lebih cepat, tidak harus menggunakan kertas. Namun membuat lebih grogi dan takut salah klik atau ada kesalahan teknis. Apalagi lagi jika misalkan mendapatkan waktu UN-nya siang akan mengantuk karena melihat layar monitor selama dua jam penuh ,” ujarnya.

Menurut Al Fauzan, salah seorang siswa lainnya mengatakan, khusus untuk pelajaran matematika, guru akan memberikan kertas kosong kepada siswa untuk menghitung.  Dia juga mengatakan, Ujian Nasional berbasis komputer juga dapat meminimalisasi terjadinya aksi mencontek atau bocoran soal. “Mana bisa lihat sana sini, di setiap layar komputer siswa soalnya kan berbeda. Enaknya tidak membuang waktu seperti menggunakan kertas,” jelasnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok