Aktifitas Bullying Di Sosial Media Terhadap Guru Semakin Meningkat

Aktifitas Bullying Di Sosial Media Terhadap Guru Semakin Meningkat

HarianDepok.com – Tekno – Sosmed , Akhir- akhir ini memang banyak sekali kasus bullying yang ada di jejaring sosial terhadap guru. Dan bagi anda yang berprofesi sebagai guru tentunya mengalami masalah yang besar. Bahkan penelitian pun juga dilakukan oleh lembaga ternama National Association of Schoolmasters Union of Women Teacher (NASUWT).

Dari hasil penelitian yang dilakukan ini, maka yang kini menjadi tren adalah perlakuan bullying kepada para guru yang ada di jejaring sosial. Kegiatan bullying terhadap mereka yang berprofesi guru bukan hanya dilakukan oleh para siswa saja akan tetapi juga para orang tua siswa pula. Perlakuan inilah yang kini menjadi masalah besar bagi mereka yang berprofesi guru.

Penelitian yang dilakukan oleh NASUWT ini maka dari 1500 guru yang ada 60% diantaranya mengaku sebagai korban pembullyan khususnya yang ada di jejaring sosial. Kasus pembullyian ini meningkat begitu drastis jika dibandingkan dengan kasus pada tahun yang lalu. Peningkatan yang terjadi di tahun ini mencapai 21% dari tahun yang sebelumnya. Hasil penelitian yang dilakukan ini juga menyatakan bahwa dari 60% korban bullying 48% diantaranya pelaku  pembulian adalah para siswa, dan selebihnya para orang tua siswa. Pembulian yang dilakukan ini memang sering terjadi dan dialami oleh para guru yang ada di sekolah.

Untuk itulah maka hal yang semacam ini perlu adanya tindakan lebih lanjut, dan para guru diharapkan untuk menanggapi dengan bijaksana perlakuan ini. Karena jika tidak maka bisa mengganggu psikis para guru. Kasus bullying ini terjadi di berbagai negara yang semakin hari semakin meningkat. Pembullian ini dilakukan melalui jejaring sosial. Dari kasus yang ada, banyak para guru yang mengeluhkan dan merasa sangat terganggu. Bahkan dari mereka ada yang menon aktifkan beberapa akun yang dimilikinya khususnya untuk jejaring sosial. Perlakuan yang tidak mengenakkan ini diharapkan agar dapat berkurang mengingat hal ini bukanlah sesuatu yang baik untuk dilakukan. Bahkan akan dapat menajdikan orang lain merasa sangat dirugikan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: