Hati – Hati ! Mata Juga Bisa Terkena Stroke

Stroke Mata, Antisipasi Mata Terkena Stroke, Penyakit Stroke Mata

HarianDepok.com – Kesehatan ,  Penyakit stroke memang tidak hanya menyerang otak saja namun juga bisa menyerang organ tubuh yang lainnya seperti mata. Penyakit stroke pada mata bisa dinyatakan karena adanya gangguan pada peredaran darah yang mengakibatkan darah tidak bisa mengalir pada jaringan mata hal ini disebabkan karena  terjadinya pembuluh darah yang pecah.

Dr ferdiriva hamzah Sp. M selaku dokter mata  yang berasal dari vitreo retina service JEC (Jakarta Eye Centre) menyatakan bahwa terjadinya stroke pada mata ini diakibatkan tersumbatnya pembuluh darah pada retina baik itu pada vena atupun arteri. Yang akibatnya aliran darah dari jantung ke mata ataupun sebaliknya berkurang.

Dr. Ferdiriva ini menganalogikan bahwa sebaimana pipa yang dialiri air kemudian alirannya tersumbat, jika hal itu tidak diatasi maka akan mengakibatkan pecah pada pipa. Begitupun dengan stroke yang terjadi pada mata ini, darah juga akan tumpah pada retina sehingga penglihatan juga akan terganggu, tuturnya saat diwawancarai pada hari sabtu kemaren (04/04/2015).

Jika terjadi sumbatan pada vena retina maka bisa terjadi pada dua tempat yang pertama bisa di bagian cabang vena dan yang kedua bisa terjadi di bagian pusat vena. Meskipun dari luar mata tetap terlihat normal dan sehat akan tetapi untuk bagian dalam mata susah terpenuhi darah terlebih pada bagian retina.

Bagi para penderita stroke mata ini diharuskan untuk menjalani pengobatan dengan cara suntik pada bola mata, hal ini dilakukan agar penyakit stroke ini tidak parah. Karena apabila arteri yang ada pada mata pecah maka akan sangat membahayakan, karena penderita mengalami buram pada penglihatan. Dan jika demikian maka tidak lagi bisa tertolong.

Bahkan jika hal ini sudah dalam kondisi yang parah maka penderita stroke mata ini tidak bisa melihat. Untuk penyakit stroke mata ini memang tidak mempunyai tingkatan akan tetapi akan berakibat fatal jika terjadi kerusakan pada arteri dan vena. Penanganan yang dilakukan pun juga harus sesegera mungkin, karena akan mampu merusak banyak jaringan dimata.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok