Program ODNR Pemkot Depok Jadi Sorotan Kota kota lain

Program ODNR Depok,Program ODNR Bandung, Program On Day No Rice

HarianDepok.com – Berita , Ketergantungan masyarakat Indonesia terhadap beras sebagai bahan pangan pokok sehari hari, tidak berimbang dengan rendahnya hasil produksi di daerah daerah penghasil beras. Untuk mencukupi kebutuhan beras di masyarakat, pemerintah Indonesia hingga kini, masih melakukan kerjasama dengan beberapa negara penghasil.

Hal tersebut membuat laju perekonomian pada sektor pertanian di Indonesia tidak berkembang, karena masyarakatnya masih menggantungkan diri dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan beras tiap tahunnya. Pemerintah Indonesia pun di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini, masih berusaha untuk mengangkat perekonomian Indonesia di sektor pertanian dengan melakukan berbagai cara melalui jajaran instansi pemerintahan di daerah daerah.

Seperti yang diketahui, bahwa di daerah Depok, telah diterapkan diversifikasi pangan oleh walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail sejak tahun 2011 silam. Hal itu dilakukan oleh pemerintah kota Depok untuk memecahkan permasalahan pangan di Indonesia.

Terbukti bahwa, hasil dari keputusan Nur dalam melakukan perubahan terhadap image masyarakatnya untuk tidak mengkonsumsi nasi dalam sehari berhasil mengurangi permintaan beras per tahunnya. Selain bisa memapas tingkat kebutuhan akan beras dikotanya, hasil dari diversifikasi pangan yang diterapkan oleh pemerintah kota Depok juga telah berhasil meningkatkan kesehatan masyarakatnya.

Keberhasilan penerapan diversifikasi pangan oleh pemerintah kota Depok berujung manis, pasalnya, baru baru ini pemkot Bandung dan Padang pun turut mencontoh program ‘One Day No Rice’ yang sudah diterapkan oleh pemkot Depok sejak beberapa tahun yang lalu. Dianggapnya, program ODNR tersebut, bisa meningkatkan taraf kesehatan dan perekonomian, sehingga tercipta Negara Indonesia yang mandiri.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)