Gerhana Bulan Singkat Malam Ini, Hanya akan Terjadi 140 Tahun Lagi

Gerhana Bulan Singkat Malam Ini, Hanya akan Terjadi 140 Tahun Lagi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Tepatnya hari ini, Sabtu (04/04/2015) sore nanti akan terjadi fenomena gerhana bulan langka, jadi Jangan sampai anda melewatkannya. karena anda tidak akan memiliki kesempatan lain lagi. Gerhana bulan malam nanti mengapa disebut langka karena durasi totalitasnya yang sangat singkat, yakni kurang dari 5 menit. Pada umumnya, totalitas gerhana bulan terjadi sekitar puluhan menit. Berdasarkan data dari Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menyatakan jika gerhana bulan dengan totalitas kurang dari 5 menit itu hanya akan terjadi 2 kali dalam satu milenium terakhir.

Beberapa gerhana singkat tersebut adalah gerhana bulan total yang terjadi pada 19 April 767 dengan totalitas 2 menit 24 detik dan pada  17 Oktober 1529 dengan totalitas 1 menit 41 detik. Gerhana bulan yang akan terjadi nanti malam adalah gerhana bulan dengan totalitas kurang dari 5 menit yang pertama kali dalam 500 tahun terakhir. Apabila melewatkan fenomena gerhana bulan langka malam ini, berarti sama saja annda melewatkan fenomena ini sekali seumur hidup.

Fenomena blood moon atau bulan merah darah yang sangat singkat ini, Berdasrkan data NASA, gerhana langka ini baru akan terjadi kembali pada 11 September 2155 dengan durasi totalitas 2 menit 36 detik, 140 tahun yang akan datang. Dengan rata-rata usia manusia yang saat ini tidak sampai usia 100 tahun, maka anda tidak akan memiliki kesempatan lagi untuk mengamati gerhana bulan sangat singkat ini yang akan terjadi nanti malam. Jadi,

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok

One Response

  1. author

    jumadi3 years ago

    masih ada kali ntar tanggal 28 september

    Reply

Leave a Reply