Agar Tidak Tertipu, Beginilah Cara Membedakan Air Zamzam Asli atau Palsu

Agar Tidak Tertipu, Beginilah Cara Membedakan Air Zamzam Asli atau Palsu

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pengolahan air zamzam palsu di Tanah Abang berhasil diungkap polisi. Sebelum dikemas ke dalam botol-botol kecil dengan label bertuliskan zamzam water from Makkah Al Mukarommah, para pedagang yang curang itu terlebih dahulu meracik air zamzam dengan mencampurkan air mineral ke dalam jerigen. Lantas bagaimanakah caranya untuk membedakan air zamzam yang asli dan yang palsu?  Salah satu pedagang air zamzam di Tanah Abang, Solihin memiliki cara tersendiri untuk membedakan mana air zamzam yang asli dan mana yang palsu. Untuk dapat membedakan rasa air zamzam yang asli dan yang palsu dia memakai alat TDS.

“Kita memakai alat tes air zamzam yang namanya TDS. jika alat TDS dimasukan ke dalam air zamzam asli, maka angka derajat air mencapai 500 lebih. Namun jika air biasa hasilnya akan lebih rendah derajatnya 200, dan itu merupakan air zamzam palsu,” ucap pemilik toko Al Hikmah tersebut, Jumat (03/04/2015). Tidak hanya itu,  harga air zamzam asli menurut dia lebih mahal dibandingkan air zamzam palsu. Harga air zamzam asli dijual seharga Rp 500-600 ribu per 5 liter.

“Kalau air zamzam palsu baunya berbeda dengan asli. Kalau air zamzam asli jika diminum rasanya seperti air tanah serta ditenggorokan terasa seret, di lidah pun juga rasanya aneh seperti tanah,” jelasnya. sementara kemasan botol air zamzam semua sama dengan menggunakan label bertuliskan zamzam water from Makkah Al Mukarommah. Akan tetapi botol kemasan air zamzam yang asli masih bersegel rapih. “Air zamzam asli kita membelinya dari seorang pramugari yang datang ke sini. kemudian kita tes dulu menggunakan alat TDS. Kalau botol air zamzam kemasan, bentuknya sama semua,” terangnya.

sedangkan di tempat terpisah, ada seorang pedagang kaki lima air zamzam di Tanah Abang memiliki cara sendiri untuk membedakan antara air zamzam yang asli dengan yang palsu. Mereka membedakannya dengan cara meminum air zamzam yang akan dibelinya lewat distributor. “Ada rasa getirnya, rasanya seperti air kelapa. Kalau warna hampir sama, dalam jangka setahun tidak akan berlumut. Jika air mineral kan cepat berlumutnya,” tuturnya.

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok