FIFA Minta PSSI Mengindahkan Keputusan BOPI

FIFA Minta PSSI Mengindahkan Keputusan BOPI

 

HarianDepok.com – Olahraga – Sepakbola – Nasional , Seperti dikutip Reuters, FIFA justru meminta PSSI agar tidak mengindahkan keputusan BOPI. FIFA juga meminta sepak mula LSI untuk tetap dilaksanakan pada, Sabtu (4/4) besok WIB.

FIFA akhirnya turun tangan dalam masalah peserta Liga Super Indonesia (LSI) musim ini. Berbeda dengan BOPI, FIFA justru menginstruksikan PSSI dan PT Liga untuk tetap menyertakan Arema dan Persebaya Surabaya menjadi peserta LSI musim ini.

“Kami dapat mengonfirmasi bahwa surat dari sekretaris jenderal FIFA, Jerome Valcke dikirim pada tanggal 19 Februari 2015 untuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menyusul penundaan dimulainya Indonesian Super League,”

Juru bicara itu menambahkan, dalam surat tersebut PSSI diingatkan bahwa asosiasi anggota harus mengelola urusan mereka secara independen dan tanpa pengaruh pihak ketiga. “Hal itu sudah jelas diatur dalam pasal 13 dan 17 Statuta FIFA,” tegasnya.

Dalam Statuta FIFA Pasal 13 I tertulis setiap anggota dari FIFA harus berdiri sendiri atau independen. Sementara pasal 17 ayat 4 mengatakan FIFA tidak akan mengakui keputusan yang dibuat oleh organisasi lokal.

Pasal 13 Statuta FIFA sendiri menjelaskan, setiap anggota FIFA untuk bergerak independen sementara pasal 17 menjelaskan, FIFA tidak menganggap ada keputusan yang dibuat oleh badan yang tidak dipilih oleh asosiasi lokal negara yang bersangkutan.

Sebelumnya, BOPI melarang keras Arema dan Persebaya untuk ikut dalam liga musim depan. Legalitas menjadi dasar keputusan BOPI itu.

BOPI bahkan telah meminta pihak kepolisian melarang izin pertandingan kedua tim itu, andai mereka tetap nekat berkompetisi. Alhasil, liga hanya akan diikuti 16 klub musim ini.

 

[NandaRiskiawan/HD]

Tags:
author

Author: 

Internet Marketers & Penulis Konten