Selain Sebagai Bumbu Dapur & Obat Herbal, Kunyit Bisa Sebagai Ramuan Kecantikan

Selain Sebagai Bumbu Dapur & Obat Herbal, Kunyit Bisa Sebagai Ramuan Kecantikan

HarianDepok.com – Kesehatan , Kunyit biasanya dikenal sebagai rempah-rempah untuk kebutuhan memasak serta obat herbal, seperti mengobati diabetes, alzheimer, hepatitis A dan alergi. Tidak hanya itu, kunyit nyatanya bisa sebagai ramuan untuk merawat kecantikan. Manfaat kunyit selain untuk kesehatan dan bumbu dapur, dapat juga gunakan sebagai perawatan kecantikan. Seperti yang dilansir Stylecraze, Jumat (03/04/2015), berikut adalah ulasannya.

Mengobati jerawat

Karena memiliki sifat antiseptik serta antibakteri, Kunyit sangat efektif untuk mengobati dan memerangi jerawat serta dapat membuat wajah lebih bersinar. Anda dapat membuat masker dari kunyit dengan mencampur bubuk kunyit, bubuk cendana serta perasan air lemon. Aduk dan oleskan pada wajah selama 10 menit dan bilas dengan air hangat. Untuk mengobati bekas jerawat dapat juga menggunakan bubuk kunyit dan air biasa pada bekas jerawat Anda dan biarkan selama 15 menit.

Mengobati kulit wajah berminyak

Kunyit bermanfaat untuk kulit berminyak karena mengatur produksi sebum. Anda perlu membuat masker dengan memberikan 1 ½ sendok makan bubuk cendana, bubuk kunyit, tiga sendok makan jus jeruk, lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Mengobati kulit wajah kering

Jika Anda memiliki kulit wajah yang kering, Anda bisa membuat masker dengan menggabungkan satu putih telur, dua tetes minyak zaitun, jus lemon, air mawar, dan sedikir bubuk kunyit. Oleskan pada wajah, siku, bahkan lutut Anda jika kering. Tunggu hingga bahan tersebut kering di bagian yang Anda oleskan, lalu bilas dengan air hangat.

Mengurangi keriput dan lingkaran mata yang hitam

Untuk mengobati keriput, Anda memerlukan bubuk kunyit, tepung beras dan susu bubuk yang di campur dengan tomat yang telah dijus, lalu oleskan selama 30 menit pada wajah dan leher, kemudian bilas dengan air hangat. Jika Anda mempunyai lingkar hitam pada bawah mata, tambah dua sendok teh bubuk kunyit, dan letakkan di bawah mata selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin, ini sangat ampuh  menghilangkan keriput di sekitar mata serta mencerahkan bawah mata yang memiliki lingkaran hitam.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok