Bimasda Kota Depok, Akan Segera Melakukan Normalisasi Situ Rawa Besar

Bimasda Kota Depok, Situ Di Depok, Situ Rawa Besar Di Depok

HarianDepok.com – Berita – Pancoran Mas , Untuk menanggulangi elemen elemen resapan dan saluran air di kotanya, pemerintah kota Depok melalui Bimasda saat ini tengah berkonsentrasi melakukan normalisasi situ situ yang ada di wilayah kota Depok. Salah satu situ yang akan di normalisasi adalah Situ Rawa Besar yang berlokasi di Kawasan Kembang Lio, Pancoran Mas Depok. Untuk melakukan normalisasi terhadap Situ Rawa Besar, Pemerintah kota Depok telah menyiapkan anggarannya sebesar Rp.1,4 miliar.

Dari anggaran yang digelontorkan oleh pemerintah kota Depok ini, nantinya akan digunakan untuk mengembalikan fungsi situ sebagai daerah resapan kota Depok dengan cara, membongkar beberapa bangunan bangunan liar yang berdiri di Situ Rawa Besar dan menormalisasinya dengan menggunakan alat alat berat.

Kepala Bidang Dibimasda Kota Depok, Yulisyiani Mochtar mengatakan, dari jumlah anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah kota Depok tersebut nantinya akan digunakan untuk mengembalikan fungsi Situ Rawa Besar. Rencana untuk menormalisasi situ tersebut akan dilakukan pengerjaannya dalam waktu dekat ini.

Dirinya mengungkapkan, rencana pengembalian fungsi situ tersebut untuk kedepannya diharapkan bisa menampung debit air lebih banyak lagi dikala intensitas curah hujan sedang tinggi, sehingga bisa meminimalisir terjadinya banjir di kota Depok.
Selain itu, untuk kedepannya situ Rawa Besar yang berada di Kawasan Kembang Lio tersebut akan dijadikan salah satu objek wisata oleh pemerintah kota Depok.

Diketahui bahwa kondisi Situ Rawa Besar saat ini sangatlah memprihatinkan, banyaknya sampah sampah liar yang berserakan, membuat air Situ menjadi keruh dan berbau. Yang lebih memprihatinkannya lagi adalah lokasi Situ Rawa Besar ini tak seberapa jauh dari pusat kota. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya fungsi dari situ tersebut.

Oleh karena itu, pemerintah kota Depok melalui Dibimasda Depok dalam waktu dekat ini akan merealisasikan pengerjaan pengembalian fungsi Situ Rawa Besar untuk dijadikan objek wisata serta serapan air jika sewaktu waktu hujan deras mengguyur kot Depok.(Izl)

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)