Mendikbud Anies Baswedan Tinjau Persiapan Pelaksanaan UN CBT di Sekolah Sekolah Kota Depok

Mendikbud Anies Baswedan Tinjau Persiapan Pelaksanaan UN CBT di Sekolah Sekolah Kota Depok

HarianDepok.com – Berita , Kota Depok pada beberapa waktu lalu, dipercayakan oleh pemerintah pusat untuk menjalankan program Ujian Nasional menggunakan siatem ‘Computer Based Test’ (CBT) di kotanya. Hal tersebut menjadi kebanggan pemerintah daerah dan masyarakat kota Depok itu sendiri. Pasalnya, program yang dipercayakan oleh pemerintah pusat itu menjadi salah satu program yang menjadi percontohan bagi kota kota lainnya di seluruh Indonesia.

Setelah sukses menjalankan program percontohan tersebut, akhirnya kota Depok di beberapa sekolah di wilayahnya dianggap sudah mumpuni untuk melakukan Ujian Nasional yang menggunakan sistem ‘Computer Based Test’. Beberapa sekolah yang akan menggelar Ujian Nasional CBT itu diantaranya adalah Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Depok di Jalan Nusantara dan Sekolah Menengah Sederajat Putra Bangsa, Depok.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan guna memantau perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan di tanah air menyempatkan diri untuk meninjau langsung persiapan sekolah sekolah tersebut dalam menghadapi Ujian Nasional dengan menggunakan sistem ‘Computer Based Test’ (CBT)

“Saya ingin memastikan bahwa  sekolah sekolah tersebut memang sudah siap untuk melaksanakan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem CBT,” kata Anies saat berkunjung langsung guna meninjau persiapan sekolah tersebut dalam menghadapi Ujian Nasional CBT di kota Depok, Kamis (02/04/2015).

Anies juga menjelaskan, bahwa Ujian Nasional dengan menggunakan sistem CBT tersebut bisa meminimalisir adanya kebocoran serta kecurangan para peserta, sebab jika terjadi kebocoran soal, maka dengan cepat soal soal Ujian Nasional dengan menggunakan CBT tergantikan dengan soal yang baru hanya dalam waktu singkat.

Meski demikian, Anies juga menghimbau kepada seluruh jajaran pengurus sekolah untuk dapat bekerjasama dengan pihak PLN  untuk memperhatikan pasokan listriknya di sekolah sekolah saat Ujian Nasional CBT sedang berlangsung. Jangan sampai pasokannya terhenti ketika Ujian Nasional CBT  sedang berjalan, pastinya akan menghambat pelaksanaan Ujian tersebut.

Anies juga menuturkan bahwa sistem Ujian Nasional tersebut akan dilakukan secara bertahap yang nantinya seluruh sekolah sekolah di Indonesia akan diwajibkan melakukan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem ‘Computer Based Test’. Hal itu dianggap perlu dilakukan penyesuaian mengingat tingginya perkembangan teknologi saat ini.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pendidikan kota Depok, Herry Pansila mengatakan, di kota Depok terdapat 16 sekolah yang akan melakukan Ujian Nasional CBT, diantaranya enam sekolah negeri dan 10 sekolah swasta. Untuk masalah pasokan listrik guna menunjang suksesnya Ujian Nasional tersebut dirinya mengaku telah melayangkan surat kepada pihak PLN untuk menjaga aliran listrik tetap aman ketika Ujian Nasional CBT sedang berlangsung.

Semoga dalam pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan sistem CBT tidak ada halangan satu hal apapun, harapnya.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: