Pemkot Depok Siapkan Rp 1,4 Miliar Untuk Normalisasi Situ Rawa Besar

Pemkot Depok Siapkan Rp 1,4 Miliar Untuk Normalisasi Situ Rawa Besar

HarianDepok.com – Berita – Pancoran Mas , Untuk melakukan normalisasi Situ Rawa Besar di kawasan Kembang Lio, Pancoran Mas Depok, Pemerintah Kota Depok telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 1,4 miliar. Ratusan bangunan liar yang berada di sekitarnya pun akan diratakan. Menurut Yulistiani Mochtar, Kabid Dibimasda Kota Depok mengatakan, anggaran sebesar itu akan digunakan untuk menormalisasi situ. Rencananya proses pengerjaan akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Jika ingin mengetahui detailnya seperti apa, nanti saja karena data-datanya masih ada di kantor,” ucap Yulis. Yulis mengungkapkan, dengan melakukan normalisasi ini nantinya diharapkan akan mampu mengembalikan fungsi situ sebagai resapan air ketika hujan deras mengguyur Kota Depok dan sekitarnya. “Tujuannya adalah untuk mengembalikan fungsinya serta sekaligus menjadikannya lokasi wisata yang sarat akan nilai edukasi,” jelasnya.

Situ Rawa Besar kondisinya sangat memprihatinkan, sama seperti beberapa situ lainnya yang ada di Depok. Untuk menuju situ ini akses jalannya yang cukup sempit dan lokasinya pun terletak di tengah-tengah pemukiman warga. Dengan kondisi seperti ini,  semakin membuat keberadaan Situ Rawa Besar kurang populer di telinga warga Depok. Padahal, Situ Rawa Besar lokasinya tidak jauh dari pusat kota. Di depan Situ, terdapat sebuah papan berkarat yang terdapat tulisan Situ Rawa Besar.

bangunan-bangunan liar tidak permanen mengelilingi situ ini, serta banyak pula terdapat tumpukan sampah Di setiap sudutnya. Akibatnya,  air di situ ini menjadi keruh kehitaman. Dengan kondisi seperti ini jelas saja berbanding terbalik dengan pernyataan Pemkot Depok yang menawarkan adanya objek wisata di danau tersebut. Memang benar, awalnya situ Rawa Besar disebut-sebut akan menjadi salah satu objek wisata air di Kota Depok dengan wahana sepeda bebek dan perahu.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok