Karena Panen Raya, Inflasi Pada Bulan April Diprediksikan Tertahan

Karena Panen Raya, Inflasi Pada Bulan April Diprediksikan Tertahan

HarianDepok.com- Bisnis , Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) diperkirakan akan menjadi komponen utama penyebab dari inflasi April ini. Kebijakan pemerintah untuk menaikan BBM pada 27 Maret lalu akan berpengaruh terhadap indeks harga barang, terlebih akibat dari naiknya ongkos transportasi.

Sasmito Hadi Wibowo selaku Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan, kendati diperkirakan akan naik, inflasi masih akan dibawah 0,5 persen. “Naiknya harga BBM yang diimbangi oleh harga beras yang diperkirakan akan turun,” ungkapnya, Jakarta, Rabu (1/ 4/ 2015).

BPS memprediksikan harga beras akan kembali turun pada bulan April ini yang dibarengi dengan masuknya masa panen raya. Bahkan menurut Susmito harga beras di tingkat petani sudah memperlihatkan penurunan sebesar 8,6 persen. Kendati pada tingkat grosir dan eceran masih mengalami kenaikan masing- masing 2,05 persen dan 2,24 persen.

“Hal ini harus selalu dipantau, artinya para pedagang sudah tahu jika harga gabah sudah mulai turun, akan tetapi masih menaikkan harganya,” ungkapnya.

Pemerintah sendiri sejak awal tahun 2015 ini akan memberlakuka skema harga BBM baru, yaitu menghilangkan subsidi BBM jenis premium namun memberikan subsidi tetap untuk jenis solar. Skema tersebut mengacu pada pergerakan dari harga minyak dunia dan harganya ditetapkan pada setiap tahunya.

Lebih lanjut Susmiti memaparkan, skema harga BBM itu berpengaruh positif terhadap kinerja inflasi. Hal ini dapat dilihat dari tingkat inflasi ‘year on year’ Maret dengan level mencapai 6,38 persen. Ia juga memprediksikan inflasi ‘Year on Year’ akan kembali pada posisi di bawah 5 persen di bulan November yang akan datang.

BPS merilis data inflasi pada bulan Maret sebesar 0,17 persen. Inflasi pertama yang terjadi pada tahun ini disebabkan karena naiknya harga BBM dan anjloknya nilai tukar rupiah. Naiknya harga BBM pada awal bulan dan akhir bulan Maret mengakibatkan terjadinya naiknya harga- harga barang dan jasa yang ada.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok