Presiden Jokowi Ingin MRT dan LRT Hubungkan 3 Provinsi

Presiden Jokowi Ingin MRT dan LRT Hubungkan 3 Provinsi

HarianDepok.com – Bisnis , Presiden Joko Widodo sepertinya ingin segera mempercepat proses pembangunan sarana transportasi baru seperti Mass Rapid Transit (MRT) serta Light Rail Transit (LRT). Hal tersebut dikarenakan,  dengan adanya dua moda transportasi itu maka akan sangat signifikan untuk mengurangi kemacetan DKI Jakarta. Selain itu, Jokowi juga meminta agar MRT dan LRT dapat menghubungkan tiga provinsi yang berada di sebelah barat Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, DKI Jakarta serta Banten.

Menurut Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Gubernur DKI Jakarta, mengungkapkan,  pembangunan LRT dan MRT akan membentang dari Cikarang (Bekasi, Jawa Barat) sampai ke Balaraja (Tangerang, Banten). Dengan demikian, transportasi massal tersebut akan melewati Provinsi Jawa Barat, DKI Jakarta, serta Banten. Ketika diwawancarai, Kamis (02/04/2015) Ahok menyatakan, “Presiden memerintahkan, yang penting barangnya ada dulu, jangan hitung-hitung bisnis, karena dalam setahun kerugian macet mencapai Rp 45 triliun, sedangkan untuk biaya pembangunan LRT semuanya hanya Rp 40 triliun. Maka dari itu kita ingin kita yang membangun, kita bangun dulu, baru nanti ditenderkan kepada pihak swasta agar mengoperasikannya,”

Ahok menegaskan, dalam rapat yang dipimpin oleh Presiden Jokowi, sudah mempertimbangkan kemampuan keuangan Jabar dan Banten, di mana mereka juga memiliki kepentingan lebih banyak. “Ya sudah nanti jika timur-barat sampai utang lagi, yang nanggung cukup pusat dan DKI Jakarta seperti yang selatan-utara. Agar cepat. Presiden sudah beri perintah, kalau tahun ini meski sudah harus berjalan, harus sudah dimulai konstruksinya,” tutur Ahok. Terkait masalah lahan, Ahok menyebut jika itu soal gampang, pasalnya pembangunan LRT dan MRT akan melewati jalur hijau, sungai-sungai, ke median jalan, median, ataupun tol. “ Jadi hal ini lebih gampang dan lebih ringan, lebih kecil,” ucapnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok