Bahaya Dan Akibat Jajan Makanan di Pinggir Jalan

Bahaya Dan Akibat Jajan Makanan di Pinggir Jalan

HarianDepok.com – Kesehatan , Apakah anda pernah mengalami sakit perut atau diare setelah membeli makanan di pinggir jalan? Jika pernah, sangat mungkin hal tersebut disebabkan oleh makanan yang tidak higienis atau kotor. Apalagi jika makanan itu dijual tidak menggunakan penutup sehingga udara, debu, dan kotoran yang terbang gampang menempel di makanan tersebut. Tidak hanya itu, kita juga tidak mengetahui proses bagaimana para pedagang makanan tersebut mengolah jualannya. pasalnya, cara pengolahan makanan yang tidak dijaga kebersihannya, akan rentan membuat anda sakit.

Seperti yang dikatakan Dekan Fakultas Kesehatan Masyrakat UI, Dr.dr. Agustin Kusumayati,MSc, mengingatkan, bahwa lebih baik mengolah makanan sendiri daripada harus membeli makanan yang sudah jadi. Menurut Agustin, dalam diskusi jelang Hari Kesehatan Sedunia di Kementerian Kesehatan RI, Rabu (01/04/2015), menerangkan, “Jika ingin mengonsumsi makanan yang bersih dan aman, mulailah dari diri sendiri. Pilihlah bahan makanan dengan cermat dan olah dengan baik sehingga aman bagi kita,” Agustin menjelaskan, kita akan sulit mengetahui apa saja bahan baku yang digunakan dalam pengolahan makanan jadi.

“Jika makan pecel lele di pinggir jalan itu kelihatannya enak kan ya. Namun jika melihat dengan minyak yang digunakan untuk menggorengnya, anda bisa tidak akan merasa lapar,” jelasnya. Diare merupakan salah satu dari ratusan penyakit berasal dari makanan. Menurut Dr. Poonam Khetrapal Singh, Direktur Regional WHO untuk kawasan Asia Tenggara mengungkapkan, terdapat berbagai bakteri, parasit, virus, zat kontaminan dan bahan kimia di dalam bahan makanan yang dapat menyebabkan 200 lebih penyakit, mulai dari diare sampai kanker.

[ TaufikhHdayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok