Meskipun Tidak Maksimal, Vaksin BCG Masih Digunakan Untuk Halang Virus TB

Meskipun Tidak Maksimal, Vaksin BCG Masih Digunakan Untuk Halang Virus TB

HarianDepok.com – Kesehatan , Sejak tahun 1960 vaksin BCG  untuk mencegah penyakit Tuberkulosis (TB) yang biasanya digunakan, kini dinilai tidak lagi bisa digunakan secara optimal dan juga maksimal.  Yang mana sejumlah penelitian menyatakan bahwa vaksin ini memang masih direkomendasikan untuk digunakan. Pernyataan ini diumumkan oleh Dr. Erlina burhan saat berbeicara terkaot dengan indonesia bebas TB. Sebagaimana yang dilansir pada hari selasa kemaren (31/03/2015). Menurur Dr. Erlina vaksin ini masih digunakan dengan berbagai alasan. Mekipun di penelitian awal vaksin ini tidak mampu melindungi seseorang dengan sepenuhnya saat terjangkit penyakit virus TB, akan tetapi di penelitian selanjutnya vaksin ini bisa membentengi tubuh manusia dari infeksi bakteri yang menyebabkan virus TB.

Dengan adanya hal itu maka WHO kemudian melakukan penelitian ketiganya dengan melakukan penelitian terhadap responden dengan jumlah yang sangat banyak. Dan dari hasil penelitian ini maka WHO masih tetap saja merekomedasikan vaksin BCG dalam mencegah adanya virus TB. Sementara itu dari berbagai dokter yang ada di belahan dunia ini masih mengembangkan dan mengupayakan adanya vaksin baru untuk mencegah adanya virus TB. Dengan hal ini maka diharapkan bisa efektif dalam menanggulangi virsu TB yang ada. Karena beberapa kasus TB memang sangat sering dialami oleh beberapa negara yang ada. Hal ini dikarenakan virus TB masih belum dapat dicegah oleh vaksin yang bisa bekerja dengan efektif.

Dunia kedokteran yang ada memang terus saja mengemabangkan vaksin untuk pencegahan virus TB. Oleh sebab itulah maka pengembangan ini tidak berhenti begitu saja. Dari hasil pengembangan yang ada terdapat 11 vaksin yang merupakan pengembangan dari satu vaksin di tahun 2013 yang lalu. Para peneliti tentunya masih mencari- cari solusi yang tepat untuk kasus virus TB ini. Meskipun sampai saat ini vaksn BCG merupakan satu- satunya vaksin yang cukup efektif. Pencegahan TB memang harus dilakukan sejak dini sebelum terlambat, mengingat virus ini sangatlah berbahaya bagi tubuh manusia.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok