Asal Usul Sejarah April Mop

Asal Usul Sejarah April Mop

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Hari lelucon yang biasa jatuh pada tanggal 1 April atau disebut juga April Mop, merupakan hari yang cukup menjengkelkan di setiap tahun-nya. Sebenarnya asal-usul kemunculan April Mop tidak begitu pasti. Sejumlah orang ada yang mengganggap jika April Mop adalah sebagai perayaan mengenai pergantian musim, sedangkan sebagian orang lainnya percaya jika hal itu berasal atas penerapan kalender baru. April Mop Konon berasal dari budaya kuno. Menurut cerita, pada zaman dahulu, ada orang Romawi dan Hindu tengah merayakan tahun baru pada tanggal 1 April. Setelah itu sebagian besar masyarakat Eropa pada abad pertengahan mulai merayakan pada 25 Maret sebagai Hari Raya Kabar Sukacita di awal tahun baru.

Pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII mengganti Kalender Julian tua dengan kalender baru atau yang disebut dengan kalender Gregorian. Kalender baru itu menetapkan jika perayaan tahun baru jatuh pada tanggal 1 Januari. Namun, menurut penjelasan yang populer, banyak orang yang menolak menerima kalender baru tersebut. Banyak orang juga yang tidak mengetahui adanya pergantian kalender tersebut, sehingga masih ada orang yang terus merayakan hari tahun baru pada tanggal 1 April. Orang-orang yang yang sudah menganut sistem kalender Gregorian lalu mereka mengolok-olok dengan menyebut mereka ‘bodoh’ atau mencoba mengelabui mereka yang percaya sesuatu yang palsu. Dan akhirnya hal ini pun menyebar ke seluruh bagian Eropa.

Penjelasan lain soal asal-usul hari April Mop dinyatakan oleh Joseph Boskin, profesor sejarah di Universitas Boston. Ia menjelaskan jika tradisi seperti ini sudah dimulai pada masa pemerintahan Constantine, saat sekelompok orang tengah bergurau dan mengatakan kepada kaisar Romawi jika mereka juga dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk menjalankan kekaisaran. Constantine pun merasa geli membayangkan seorang badut bernama Kugel menjadi seorang raja selama satu hari. Pada hari itu Kugel pun melewati sebuah dekrit yang menyerukan absurditas. Dan akhirnya, adat ini menjadi acara tahunan yang biasa disebut April Mop.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok