40 Orang Yaman Tewas, Akibat Kedahsyatan Serangan Arab Saudi

40 Orang Yaman Tewas, Akibat Kedahsyatan Serangan Arab Saudi

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Berdasarkan atas laporan, sedikitnya ada 40 orang tewas di Yaman akibat serangan udara yang dilancarkan oleh Liga Arab di bawah komando pimpinan Arab Saudi. Yang menjadi korban adalah para pengungsi di Kamp Al-Mazraa, yang sebagian besar dihuni oleh warga sipil. Seperti yang dilansir BBC Senin (30/03/2015), media pemerintah Yaman menyatakan, bahwa pesawat Arab Saudi harus bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun Menteri Luar Negeri Yaman menanggapi, jika serangan bersenjata pemberontak Houthi lah yang harus disalahkan.

Koalisi negara-negara Arab yang dipimpin oleh Saudi menargetkan pemberontak Syiah Houthi di seluruh negeri merupakan sebuah dukungan terhadap Presiden Yaman Abd-Rabbu Mansour Hadi. Sebuah gudang senjata di Sana’a hancur oleh serangan udara yang dilakukan pada Senin malam. Setelah terjadi ledakan keras Warga pun terlihat berlarian untuk menyelamatkan diri ke rumah masing-masing. Pelabuhan Yaman juga sudah mulai diblokade oleh angkatan Laut Saudi sebagai upaya untuk menghentikan pergerakan pemberontak.

Dan sekaligus bertujuan untuk mencegah pasokan senjata untuk pemberontak. Akibat konflik antara Houthi dan pemerintah pusat yang sudah terjadi sejak 2009 lalu, warga Yaman pun mengungsi ke Al-Mazraa. Menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) mengungungkapkan, dalam pengeboman Al-Mazraa terdapat sekitar 200 orang yang terluka. Sebelumnya IOM melaporkan dalam kejadian tersebut terdapat 45 orang tewas, namun jumlah tersebut kemudian direvisi kembali menjadi 40 orang.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok