Di Depok, Program ‘One Day No Rice’ Dilaksanakan Tiap Hari Selasa

Di Depok, Program 'One Day No Rice' Dilaksanakan Tiap Hari Selasa

HarianDepok.com – Berita , Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, mendapatkan sanjungan dari Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, karena sudah mau mengimbau kepada warga Kota Bandung agar menggeelar program Senin tanpa nasi. Disela-sela acara rapat umum pemegang saham tahun buku 2014, di Hotel Trans Luxury, Selasa (31/03/2015) Nur Mahmudi mengucapkan, “Selamat kepada Bapak Ridwan Kamil yang sudah berinisiatif mau mengimbau kepada para pegawai negeri sipil (PNS) yang semoga saja juga bisa diikuti oleh warga Kota Bandung,”

Menurut Nur Mahmudi, Ridwan mempunyai kemauan untuk merubah pola makan warga Kota Bandung yang selalu tergantung dengan makanan pokok nasi. Hal tersebut nantinya akan menjadi sebuah contoh untuk kota-kota yang lainnya. Untuk Kota Depok sendiri, Nur Wahyudi melanjutkan, program satu hari tanpa nasi tersebut  telah diberlakukan setiap hari Selasa. Program tersebut ia beri nama ‘One Day No Rice’ (ODNR). “sebelumnya, sejak September 2011 kami mulai instruksikan. Kemudian pada Februari 2012 lebih intensif lagi. Dan alhamdulillah hingga skarang para murid sekolah sudah mulai ikut menerapkannya,” tuturnya..

Nur Mahmudi mengungkapkan, menariknya perusahaan-perusahaan di Depok sudah menerapkan ODNR dengan kurun waktu lebih dari satu tahun lalu, perusahaan tersebut melakukan evaluasi dari hasil penerapan pola makan itu. “Tidak hanya itu, rumah makan pun mulai menerapkannya melalui sistem penawaran menu tanpa nasi. Rumah sakit juga melakukan hal yang serupa,” terangnya. Dengan melakukan program satu hari tanpa nasi ini menurutnya,, akan dapat memutar perekonomian baru di sektor nonpadi. Tidak hanya sektor nonpadi yang sudah membudaya terhadap masyarakat di Indonesia, begitu pula dengan potensi di lapangan juga sangat besar.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok