Naiknya Harga BBM Tidak Berpengaruh Terhadap Daya Beli Masyarakat

Naiknya Harga BBM Tidak Berpengaruh Terhadap Daya Beli Masyarakat

HarianDepok.com- Bisnis – Sudirman Said selaku Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral menegaskan naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan berpengaruh terhadap daya beli Masyarakat Indonesia. Bahkan ia juga yakin, dampak dari kenaikan dari BBM ini inflasi akan masih relatif kecil.

Keyakinan tersebut didasari atas perhitungan yang dilakukan oleh Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Perhitungan tersebut mengacu pada asumsi biaya BBM yang dikeluarkan oleh angkutan umum mencapau 30 persen dari jumlah biaya operasional. Dari estimasi tersebut, naiknya BBM sebesar 10 persen , akan memiliki dampak pada naiknya tarif angkutan sebesar 3 persen.

Dengan hanya naiknya biaya transportasi yang hanya tiga persen. Sudirman menganggap naiknya harga barang seharusnya hanya dibawah 3 persen. “Komponen dari harga pokok seharusnya mengecil kembali. Oleh karena itu dampak inflasinya pun juga kecil,” ujarnya, Jakarta, Senin (30/ 3/ 2015).

Lebih lanjut ia juga memaparkan, harga BBM saat ini bukan sesuatu yang tetap dan masih dapat berubah kembali. Perubahan harga tersebut tergantung pada variabel pembentuknya, yaitu harga minyak dunia serta nilai tukar rupiah kepada dolar Amerika Serikat.

Karena pengaruh dari  dua variabel tersebut maka saat ini harga BBM naik menjadi Rp 7900/ liter. Kendati demikian, pemerintah hanya menaikkan harga Premium yang masih dibawah harga tersebut.

Sebelumnya, pada tanggal 28 Maret 2015, pemerintah telah mengumumkan kebijakan untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Premium sebanyak Rp 500/ liter. Harga premium untuk luar daerah Jawa Madura dan Bali atau biasa disebut ‘Jamali’ sebesar Rp 7300/ liter dan Jamali Rp 7400/ liter. Selisih dari harga tersebut katanya ditanggung oleh PT Pertamina (Persero).

Menurutnya, selisih harga itu masih harus ditanggung oleh Pertamina. “tidak ada yang perlu dikhawatirkan disini. Yang terpenting dari ini semua adalah semua kebijakan akan dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Indonesia dan akuntabel,” ungkap dia.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: