Mulai 1 April Nanti, Para Kontraktor Diwajibkan Untuk Menggunakan Semen Hijau

Mulai 1 April Nanti, Para Kontraktor Diwajibkan Untuk Menggunakan Semen Hijau

HarianDepok.com – Properti , Terdapat regulasi baru yang rencananya akan diterapkan di Dubai, Uni Emirat Arab pada tanggal 1 April nanti. Peraturan tersebut mewajibkan kepada para pengembang serta para kontraktor pelaku industri konstruksi yang lainya untuk menggunakan green cement (Semen Hijau).

Pemerintah Kota Dubai melalui Hussein Looth, berani memastikan hal ini pada Senin (30/ 3/ 2015). Papar Hussein, aturan baru tersebut adalah bagian dari strategi untuk melindungi keadaan lingkungan, dan untuk mengurangi emisi karbon dioksida serta gas beracun yang mengganggu kesehatan lainya.

Tidak hanya semen saja, material lainya yang termasuk kedalam pengembangan gedung serta properti baru haruslah ramah lingkungan, seperti halnya keramik dan cat.

“Pemerintah Kota sendiri yang akan memeriksa lokasi konstruksi  anyar dan memeriksa apakah semen yang digunakan pada pembangunan tersebut sudah sesuia dengan ketentuan yang sudah ada apa belum. Menggunakan semen hijau sendiri merupakan prasayarat untuk mengeluarkan izin konstruksi di kota ini.” Papar Hussein.

Ahmad Al Badawi selaku direktur Studi dan Pengembangan Kota menjelaskan jika para pengembang dan kontraktor serta konsultan tidak mau mematuhi peraturan tersebut, maka proyek yang sedang mereka kerjakan akan disegel. Lebih para lagi seluruh perizinan dapat diancam untuk dibekukan. Al Badawi juga menambahkan, “selain perizinanya dicabut, maka mereka juga akan dikenakan denda”.

Semen hijau sendiri yang dikembangkan di Jerman merupakan bahan yang sudah memenuhi atau bahkan melebihi kemampuan kinerja dari model semen standart lainya. Semen hijau memiliki kandungan bahan daur ulang yang terbilang optimal, hal ini dapat mengurangi konsumsi bahan alam mentah, energi fosil, dan air.

Meski belum diwajibkan, menggunakan semen hijau di Indonesia sebenarnya sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir  ini. Akan tetapi penggunaanya mengalami peningkatan baru lima tahun terakhir ini.

Semen hijau ini banyak digunakan untuk membangun gedung pencakar langit. Bahkan hingga saat ini sudah banyak resoran yang sudah menggunakan semen hijau sebagai bahan perekat bangunanya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)