Akibat BBM Naik, Harga Cabai Merah pun Ikut Naik Menjadi Rp70.000/Kg

Akibat BBM Naik, Harga Cabai Merah pun Ikut Naik Menjadi Rp70.000/Kg

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Di pasar tradisional Kota Bandung, Jawa Barat, puluhan pedagang menggerutu, dikarenakan cabai merah mengalami kenaikan harga hingga Rp 70 ribu perkilogram, dari yang sebelumnya seharga Rp 50 ribu perkilogram. Mereka mengklaim jika kenaikan harga tersebut akibat  kelakuan pemerintah yang menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Menurut hasil pemantauan, Selasa (31/03/2015) sejak dua hari yang lalu harga cabai di pasar tradisional Bandung mengalami kenaikan.

Bahkan di pasar tradisional Kordon, Suci, Ujungberung, dan cicaheum harga cabai ynag semula Rp 50 ribu perkilogram kini naik menjadi Rp 70 ribu perkilogram. selain harga cabai yang mahal, di pasar tersebut cabai juga mengalami kelangkaan. Menurut seorang pedagang di Kordon, Marni (45) menjelaskan, harga cabai mulai merangkak naik sejak tiga hari yang lalu atau sehari setelah harga BBM dinaikan.

Ia mengatakan, “ Harga cabai sudah naik. Para bandar langsung menaikan harga dengan alasan karena harga BBM juga sudah naik,“ ia melanjutkan, yang menjadi kalangkabut adalah para pedagang. Saat ini stok cabai merah sudah mulai menurun, sehingga tidak sedikit para pedagang yang terpaksa harus mencari cabai ke sejumlah bandar yang ada di Kabupaten Bandung dan Garut. “Kami sangat khawatir bandar akan mempermainkan penjualan cabai, sehingga membuat para pedagang menjadi kelimpungan untuk mendapatkan cabai,“ ujarnya.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok