Memperingati 126 Tahun Menara Eifel

Memperingati 126 Tahun Menara Eiffel

HarianDepok.com – Berita – Internasional, Hari ini, tepatnya 126 tahun yang lalu, 31 Maret 1889, ikon Negara Perancis, Menara Eiffel diresmikan. Upacara pembukaan resmi Menara Eiffel dipimpin oleh sang desainer menara, Gustave Eiffel.

Dihadiri oleh Perdana Menteri Perancis saat itu Pierre Tirard serta beberapa pejabat lainnya. Dan tentunya 200 pekerja konstruksi yang susah payah membangun menara tertinggi di yang menjadi kebanggaan Kota Paris.

Sejarah Menara Eifell sendiri bermula pada tahun 1889, yaitu dalam rangka memperingati seratus tahun Revolusi Perancis. Pemerintah Perancis berencana membuat sebuah ikon bangsa yang mendunia. Maka diadakanlah kompetisi desain monumen yang akan dibangun di Champ-de-Mars, pusat kota Paris.

Ada sekitar seratus desain yang diajukan. Namun, Komite Centennial memilih desain menara dari Gustave Eiffel. Yaitu, sebuah desain menara besi tempa yang tingginya mencapai hampir seribu meter yang akan menjadi struktur bangunan tertinggi dunia.

Eiffel adalah ahli konstruksi logam dan juga pembangun jembatan yang terkenal dengan desainnya. Dia juga merancang rangka Patung Liberty, yang pada saat itu baru berdiri di New York Harbor.

Pada awalnya, Menara Eiffel diragukan strukturnya yang tidak kokoh serta dinilai hanya akan merusak pemandangan Kota Paris oleh para kritikus. Namun, yakin dengan desainnya, Eiffel tetap menyelesaikan menara kontroversial itu sesuai anggaran yang disiapkan hanya dalam waktu dua tahun.

Hal yang paling menarik selama konstruksi dikerjakan adalah hanya satu pekerja tewas. Padahal saat itu proyek Menara Eiffel dianggap proyek besar dan berbahaya sehingga diperkirakan akan memakan banyak korban.

Meskipun pada awal pembangunan Menara Eiffel sempat menuai kritik, namun beberapa dekade kemudian, menara itu menjelma sebagai maha karya arsitektur karena struktur terbukanya yang dianggap sebagai pencapaian teknologi yang canggih.

Tinggi Menara Eiffel adalah 984 meter, terdiri dari empat pilar batu yang menyokong kerangka besi  yang membentuk empat tiang kokoh, dan mengerucut menjadi satu membentuk sebuah menara vertikal tunggal.

Ada beberapa pelantar yang masing-masing memiliki sebuah dek observasi berada pada tiga tingkatan. Lift menanjaki pilar dengan bentuk kurva. Eiffel mengontrak perusahaan lift Otis Elevator. Perusahaan Amerika Serikat itu merancang lift kaca seperti kandang untuk menara itu.

Meskipun menggunakan lift untuk menanjaki menara, pada 31 Maret 1889, di hari pembukaan resminya, lift belum selesai dikerjakan. Sehingga Gustave Eiffel mengajak beberapa sahabatnya yang tangguh untuk naik dengan menapaki ribuan anak tangga, untuk menaikkan bendera Perancis pada struktur tiang bendera.

Hingga tahun 1930, Menara Eiffel menjadi struktur buatan manusia tertinggi di dunia sampai dikalahkan oleh Chrysler Building di New York. Namun, nilai seni dan teknologi dari struktur Menara Eiffel tetap menjadi hal yang luar biasa hingga saat ini.

[AndriIdaman/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)