Koin Receh Pecahan Sen Amerika Ini Terjual Rp 15,7 Miliar

koin-receh-pecahan-sen-amerika-ini-terjual-rp-157-miliar

HarianDepok.com – Berita Unik – Salah satu uang koin pertama yang dicetak Amerika baru saja terjual dengan harga hampir USD 1,2 juta atau setara dengan Rp 15,7 miliar. Uang koin pecahan sen atau Birch Cent tersebut dilelang oleh rumah lelang Stack’s Bowers pada Kamis lalu.

Birch Cent adalah uang koin pertama dicetak Amerika yang terkenal di seluruh dunia. Uang koin yang terjual seharga USD 1,175 juta tersebut sangat fenomenal karena salah satu fiturnya menampilkan penggambaran paling artistik yaitu Lady Liberty. Lady Libery dalam uang sen tersebut dikelilingi oleh kata kata ‘Liberty Parent of Science & Industry’.

Dilansir dari CNBC, koin sen tersebut adalah koin tembaga pertama Amerika yang sangat bersejarah. George Washington dan Menteri Luar Negeri Thomas Jefferson merupakan dua tokoh yang mendesain uang koin tersebut pada akhir musim panas tahun 1792.

“Ini sangat khusus bahkan untuk kolektor. Koin ini mempunyai perspektif lebih luas dari sejarah ekonomi dan moneter Amerika,” ucap Wakil Presiden Stack’s Bowers Vicken Yegparian.

Sebenarnya, uang koin ini tidak hanya satu. Ada empat macam koin atau Birch Cent dari tahun 1792. Namun koin ini adalah terbaik kedua dari semua koin. Koin terbaik pertama atau nomor satu telah terjual awal tahun lalu dengan harga Rp 2,6 juta.

Birch Cent menjadi buruan para kolektor dan telah beredar di banyak lelang selama bertahun tahun. Pada 1890 silam, uang koin ini dijual seharga USD 85 dan sejak itu dimiliki oleh kolektor berbeda beda hingga akhirnya dimiliki Stack’s Bowers pada tahun 1975.

“Banyak perhatian telah dibayarkan pada mata uang Amerika. Orang mencari keindahan untuk menambah portofolio investasi mereka.”

 

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer