Warga Bali Akan Gelar Uji Coba Gerakan Sehari Tanpa Nasi

Warga Bali Akan Gelar Uji Coba Gerakan Sehari Tanpa Nasi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pemerintah provinsi Bali akan menerapkan hidup sehari tanpa mengkonsumsi nasi, hal tersebut dikarenakan melihat dari tingginya kebutuhan masyarakat mengonsumsi beras. Pada bulan Agustus 2015 mendatang rencananya pencanangan ini baru akan dilaksanakan. Seperti yang dikatakan Ketut Lihadnyana, Kepala Pemerintahan Desa (BPMD) Provinsi Bali dan Badan Pemberdayaan Masyarakat, “Hal ini akan diawali dari diri kita dulu, mulai dari pihak SKPD di pemerintahan provinsi Bali. Harapan kita, masyarakat juga dapat ikut mencobanya,”

Di ruang kerjanya, Selasa (31/03/2015) Lihadnyana mengungkapkan, jika masyarakat memang telah menjadikan beras sebagai bahan makanan pokok. Sebenarnya karbohidrat tidak hanya ada pada nasi, masih ada alternatif lain seperti kentang,  jagung, dan ketela. Kebijakan One Day No Rice ini digelar sebagai untuk mengingat kondisi pasokan beras di Indonesia yang sudah mulai kritis. “Kebutuhan terhadap beras tidak seimbang dengan jumlah pasokan yang tersedia.

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber pertanian harus impor beras ke luar negeri,” jelasnya. Ketika ditanya soal teknis sehari tanpa nasi, Lihadnyana menjawab, akan dicoba diterapkan sebulan sekali. Jika bisa diterapkan akan ada kemungkinan dilakukan sebulan dua kali atau bahkan bisa seminggu sekali. ” kita nanti akan terapkan teknisnya mulai Agustus dengan sebulan sekali tanpa nasi. jika itu berjalan, bisa saja kita terapkan seminggu sekali,” tutur Lihadnyana.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok