Kopi Dapat Mencegah Obesitas

Kopi Dapat Mencegah Obesitas

HarianDepok.com – Kesehatan, Gaya hidup “ngopi” kian populer pada saat ini. Selain sangat cocok untuk diminum di pagi hari agar tubuh dan pikiran menjadi lebih segar. Kopi juga sering kali digunakan sebagai teman begadang agar tidak cepat kantuk.

Kopi memang tidak masuk dalam kategori sebagai minuman kesehatan, tetapi tidak sedikit penelitian yang mengatakan bahwa dengan rutin meminum kopi, dua sampai tiga gelas dalam sehari, memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan.

Seperti sebuah studi terbatu dari University of Georgia yang telah menemukan manfaat kopi yang dapat membantu mencegah terjadinya kegemukan atau obesitas. Hasil penelitiannya adalah kopi, selain mengandung kafein, kopi juga mengandung senyawa kimia yang dapat membantu mencegah beberapa efek merusak dari kelebihan berat badan.

Dilansir dari Daily Mail, kandungan tersebut adalah cholorgenic asam atau CGA yang ada di biji kopi secara signifikan dapat mengurangi akumulasi lemak dan resistensi insulin dalam hati tikus yang diberi makan diet tinggi lemak.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi dapat menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular. Studi kami memperluas penelitian ini dengan melihat manfaat yang terkait dengan senyawa tertentu, yang ditemukan tidak hanya dalam kopi, tetapi juga dalam buah-buahan dan sayuran seperti apel, pir, tomat dan blueberry,” kata peneliti Dr. Yongjie Ma.

Dr. Ma juga mengungkapkan, mayoritas obesitas terjadi karena peradangan, dan CGA dalam biji kopi ternyata adalah antioksidan yang dapat mengurangi peradangan.

“CGA adalah antioksidan kuat yang mengurangi peradangan. Banyak bukti menunjukkan bahwa penyakit terkait obesitas disebabkan oleh peradangan kronis,” kata Dr. Ma.

Namun, Ia menambahkan bahwa dalam sehari jangan terlalu banyak mengkonsumsi kopi (maksimal 4 gelas sehari) karena dapat meningkatkan kadar adrenalin dan cukup berbahaya bagi yang memiliki riwayat penyakit jantung. Selain itu, hal terbaik untuk mencegah obesitas dapat dilakukan dengan pola hidup sehat dan olah raga teratur.

[NurMungil/HD]

Rate this article!
Tags:
author

Author: