BPOM Imbau Masyarakat Agar Tidak Mengonsumsi Es Batu di Pasaran

BPOM Imbau Masyarakat Agar Tidak Mengonsumsi Es Batu di Pasaran

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Roy Sparingga, selaku Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak lagi mengonsumsi es batu. Dikarenakan es batu yang beredar di pasaran, umumnya kebanyakan digunakan untuk keperluan industri. “Kami mengimbau kepada masyarakat jangan mengkonsumsi es batu. Karena itu bukan untuk diminum, melainkan untuk keperluan industri, pendinginan dan segala macem,” jelas Roy di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (30/03/2015).

Roy mengungkapkan, masalah es batu beracun ini tidak hanya terjadi di Jakarta. Melainkan, hampir di seluruh Tanah Air produk es batu itu mempunyai masalah kebersihan. “Hampir di seluruh Indonesia kalau es batu memang iya. Karena indikator menunjukan bahwa jumlah e-coli dan mikrobanya itu membuat es batu tidak memenuhi syarat untuk bisa di konsumsi,” terang Roy. Menurutnya, pemakaian es batu yang dicampurkan untuk mendinginkan makanan agar awet juga mesti diawasi.

dikarenakan es batu yang kotor akan membuat sayuran, buah, ikan dan daging akan tercemar bakteri. Seperti yang diketahui, setelah adanya pengaduan warga Setiabudi yang mengalami keracunan usai mengonsumsi es batu produksi PT EU, Polres Metro Jakarta Selatan langsung menggerbek pabrik es batu yang berlokasi di Cakung, Jakarta Timur itu. Es batu tersebut mengandung bakteri Coliform yang bisa menyebabkan kanker. Saat ini, pabrik pembuatan es balok itu telah berhenti beroperasi, dan si pemilik pabrik pun masih dalam pemeriksaan polisi.

[ Taufikhidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok