“LIVE”, Konsep Smart City Untuk Tangerang

“LIVE”, Konsep Smart City Untuk Tanggerang

HarianDepok.com- Properti , Untuk merealisasikan Kota Tanggerang, Banten sebagai smart city atau kota cerdas. Pemerintah Kota Tanggerang terus melakukan upaya guna merealisasikan visi yang dituangkan dalam slogan “Tanggerang LIVE”. Selogan itu merupakan akronim cita- cita dari Kota Tanggerang yang terdiri dari Visitable, Liveable, Investable, dan E City.

Menurut Arief R Wismansyah selaku Wali Kota Tanggerang yang direncanakan sejak mulai menjabat Desember 2013 lalu, untuk mengoktimalkan serta mempercepat pelayanan bagi masyarakat, melalui berbagai program yang berbasis teknologi, komunikasi,dan informasi.

“kalau dulu Bill Gates memiliki mimpi setiap rumah mempunyai satu komputer. Lalu ada Steve Jobs yang berharap setiap orang memiliki handphone. Itu yang menjadikan interaksi masyarakat berkurang. Pemkota Tanggerang sendiri kini tengah mempersiapkan program ‘Tanggerang Berbenah” yang diwujudkan dengan mengikut sertakan interaksi sosial masyarakat agar selalu menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan melalui pembangunan Kota Tanggerang,” Ungkap Arief, Jakarta Pusat, Selasa (24/3/2015).

Guna mencapai visi tersebut, lebih lanjut ia memaparkan pehaknya akan merilis berbagai program yang menghubungkan antara penduduk warga dengan Pemkot setempat dan masyarakat luas secara global. Beberapa program tersebut diantaranya adalah aplikasi Layanan Komunikasi Masyarakat (LAKSA), Tanggerang Call Centre, dan 90 aplikasi lainya untuk satuan kerja perangkat daerah yang tergabung di dalam E Goverment.

“Selain itu kami juga berencana pada bulan depan akan mengadakan Festivel Cisadane. Oleh karena itu, nantinya acar tersebut akan bekerjasama dengan jejaring sosial Facebook untuk menggerakan 1.000 Usaha Mikro, UMKM, Usaha Kecil yang memiliki aku dari Facebook tersebut. Dengan menggandeng Facebook, tidak akan menyebar secara lokal namun bahkan hingga menembus pasar internasional,” papar Arif.

Sejumlah infrastruktur pendukung dari smart city juga akan dibangun di Kota tersebut, seperti halnya kabel fiber optic yang dipasang di berbagai simpang jalan dan Wifi di setiap lingkungan sekolahan atau ruang publik lainya. Tak hanya sampai disitu, Arief juga tengah mengembangkan berbagai macam program smart city yang mampu diaplikasikan di Kota Tanggerang.

[MuhammadKhotib/HD]