Lakukan 4 Hal Ini, Ketika Anak Sedang Demam

Lakukan 4 Hal Ini, Ketika Anak Sedang Demam

HarianDepok.com – Kesehatan , Saat anak mengalami duhu tubuh yang meningkat, akan banyak kita temui para orang tua yang panik dan merasa sangat cemas. Hal ini merupakan sebuah kewajaran bagi para orang tua yang mengawatirkan kesehatan sanga anak. Hingga dalam laman IDAI dinyatakan bahwa konsultasi orang tua yang paling sering adalah permasalahan demam pada anak, baik dikonsultasikan kepada dokter anak ataupun dokter umum. Sementara itu menurut Dr. Manny alvares yang berasala dari hanckensack university medical center menyatakan bahwa saat anak memiliki suhu diatas 38 derajat celcius maka di sarankan agar untuk dibawa kedokter. Akan tetapi jika demam sang anak tidak tinggi maka bisa dilakukan perawatan cukup di rumah saja.

Sebagaimana yang dilansir pada fox news jumat kemaren (27/03/2015) hal- hal yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak mengalami demam. Sehingga para orang tua tidak perlu untuk panik kembali.

  1. Yang pertama orang tua harus memastikan suhu yang dimiliki oleh anak. Langkah untuk mengetahuinya anda bisa memegang leher atau dahi yang bertujuan untuk mengetahui suhu tubuh anak. Atau anda bisa melakukannya dengan cara menggunakan termometer.
  2. Pastikan sanga anak banyak minum air putih saat memiliki suhu tinggi. Karena pada saat demam, kebanyakan akan mengalami dehidrasi. Dan bagi anak yang masih minum ASI maka dioptimalkan dalam mengkonsumsinya.
  3. Mengenakan pakaian pada anak yang nyaman. Hindari pemakaian pakaian yang tebal pada tubuh anak ataupun menggunakan selimut. Cukup dengan memastikan suhu kamar yang normal.
  4. Bawalah anak ke dokter terdekat jika kondisi demam yang dimiliki tinggi. Dan pastikan dokter memberikan obat yang tepat untuk demam seperti halnya acetaminophen dan juga ibuprofen yang berfungsi sebegai penurun panas.

Langkah- langkah terssebut merupakan hal yang bisa anda lakukan ketika anak sedang demam. Dengan pengetahuan ini maka diharapkan agar para orangtua tidak lagi cema dan panik saat anak mengalami demam. Karena penanganan bisa dilakukan sendiri ketika demam yang dialami bertaraf sedang.

[EniGayoe/HD]

Tags:
author

Author: 

Penulis Konten - Author Di Harian Depok