Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew Diiringi Teriakan Warga dan Hujan Deras

Prosesi Pemakaman Lee Kuan Yew Diiringi Teriakan Warga dan Hujan Deras

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Hujan deras dan angin kencang mengiringi proses pemakaman perdana menteri pertama Singapura, Lee Kuan Yew, Minggu(29/032015), sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Walaupun turun hujan yang cukup deras, namun ratusan warga tidak beranjak pergi dari tempatnya. Mereka pun dengan sabar menunggu prosesi keluarnya jenazah Lee dari gedung parlemen. Pintu utama akhirnya dibuka sekitar pukul 12.30, lalu dengan perlahan keluar mobil pengawal dan diiringi peti jenazah Lee yang ditutup bendera Singapura berada dalam kotak kaca bening. Dan anggota keluarga pun dengan berjalan kaki dan memakai baju hitam-putih mengiringi peti jenazah.

Kemudian terdengar pula teriakan warga : Lee Kuan Yew! Mereka lalu melambaikan bendera Singapura. Sejumlah warga mengabadikan momen tersebut memakai handphone. Sampai-sampai ada seorang laki-laki memanjat pembatas jalan trotoar lalu mengibarkan bendera Singapura sembari berteriak menyebut nama Bapak Singapura itu. Prosesi berhenti di perempatan jalan North Bridge, dan warga pun kembali melambaikan tangannya sembari berteriak. Anggota keluarga Lee kemudian naik ke dalam mobil yang sudah disediakan, yang sebelumnya mereka mengiringi peti jenazah dengan berjalan kaki sejak dari gedung parlemen.

Prosesi dilanjutkan menuju gedung Pusat Kebudayaan Universitas Nasional Singapura untuk melakukan upacara kenegaraan sekitar pukul 14.00. Sselang beberapa menit, terdengar suara dentuman sebanyak empat kali dan diiringi satu pesawat tempur F16 melesat melintas di atas gedung parlemen. Hal ini merupakan tanda perpisahan untuk Lee Kuan Yew. Bersamaan dengan prosesi semakin menjauh dan menghilang dari pandangan mata, ratusan warga dengan perlahan membubarkan diri sambil diiringi hujan deras. Lee, meninggal di usia 91 tahun, Senin (23/03/2015) yang telah memimpin Singapura pada era 1959-1990.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok