Mesir Ikut Terlibat Dalam Gempuran Ke Yaman Bersama Arab Saudi

Mesir Ikut Terlibat Dalam Gempuran Ke Yaman Bersama Arab Saudi

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengaku ikut terlibat dalam operasi militer yang dilakukan oleh Arab Saudi ke Yaman untuk memberantas kelompok pemberontak Houthi yang akhir-akhir ini membuat huru-hara di negara tersebut. al-Sisi mengungkapkan, pihaknya memutuskan membantu Saudi untuk memulihkan stabilitas di Yaman. Sehingga kawasan Timur Tengah serta Afrika Utara diharapkan dapat kondisif seperti semula. Seperti yang dimuat Al-Arabiya, Minggu (29/03/2015) mengatakan, “Langkah dukungan untuk Arab Saudi ini adalah demi melawan ancaman keamanan di kawasan,” Dia menegaskan, saat ini situasi di Yaman sudah sangat darurat karena adanya kelompok ekstremis yang terus mengancam. Sebab itu, Mesir harus turun tangan.

“Serangan kami sudah mendapatkan izin dari Pemerintah Yaman,” ucap al-Sisi yang bersama Arab Saudi mendukung Presiden Yaman Abedrabbo Mansour Hadi. Operasi militer ini menurut al-Sisi juga perlu dilakukan untuk membersihkan campur tangan asing di Yaman, yang selama ini disebut membantu pemberontak Houthi. Iran adalah negara yang diduga membantu Houthi. Akan tetapi, Pemerintah Iran saat ini membantah sudah memberikan bantuan senjata ke Houthi. Sedangkan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz mengungkapkan, operasi militer akan terus dilaksanakan sampai tujuan utama tercapai, yaitu sampai kondisi Yaman kembali stabil dan bersih dari pemberontak Houthi.

Tidak hanya Mesir, dalam operasi ini negara Arab lainnya pun ikut bergabung. Militer Arab Saudi memakai 100 pesawat tempur yang juga dibantu Uni Emirat Arab, Kuwait, Bahrain, Qatar, Yordania, Sudan dan Maroko. Beberapa hari lalu Presiden Yaman, Mansour Hadi sampai di ibu kota Arab Saudi, Riyadh. ketika koalisi militer negara-negara Arab tengah melancarkan serangan terhadap kelompok pemberontak Houthi. Sebelumnya Hadi sempat mengungsi ke Kota Aden selama satu bulan terakhir ketika milisi Houthi menduduki Ibu Kota Sanaa.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok