Keteladanan Yesus di Minggu Palma

Keteladanan Yesus di Minggu Palma

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Pekan ini umat Katolik di Provinsi Jambi tengah merayakan Minggu Palma. Hal tersebut merupakan hari dimulainya Pekan Suci, satu minggu sebelum Hari Raya Paskah. Seperti dalam misa yang dilakukan di Gereja Santa Teresia Jambi, Sabtu (28/03/2015) sore, Pastur Yohanes Sigit SCJ menceritakan, saat itu Yesus masuk ke kota Yerusalem, dan disambut oleh masyarakat dengan mengacungkan daun palma.

Dia mengatakan dalam khotbah, “ketika Yesus masuk ke Yerusalem menunggangi seekor keledai, dan ia disambut oleh sorak-sorai dan daun palma,” Ia menerangkan, ada sejumlah hal yang menjadi sifat keteladanan Yesus. Menunggangi seekor keledai, merupakan sebuah simbol kesederhanaan. Dan sekarang kesederhanaan tersebut akan muncul dalam sikap, iman dan perbuatan. “Itu menjadi suatu sikap keteladanan untuk kita contoh saat ini,” ucapnya.

Di dalam acara perayaan Minggu Palma ini, semua umat Katolik yang misa di gereja membawa daun palma. Sedangkan salib Yesus yang ada di atas altar nampak dibalut oleh kain berwarna ungu. Dan untuk satu pekan ke depan, Gereja Katolik Santa Teresia akan mengadakan misa Tri Hari Suci yaitu Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Paskah. Masing-masing hari mempunyai makna tersendiri, yang merupakan urutan proses perjamuan terakhir, penyaliban, dan kebangkitan Yesus.

[ TaufikHidayat/HD ]

Rate this article!
Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok