Sebelum Akhir Tahun 2015, DPRD Depok Pastikan Pembangunan Sembilan Gedung Sekolah Negeri Rampung

Sebelum Akhir Tahun 2015, DPRD Depok Pastikan Pembangunan Sembilan Gedung Sekolah Negeri Rampung

HarianDepok.com – Berita , DPRD Kota Depok menjanjikan sebelum akhir tahun 2015, pembangunan gedung sekolah negeri tingkat SMP dan SMA akan segera selesai. Hal Itu dikarenakan ada ribuan siswa Kota Depok banyak yang bersekolah di luar Depok karena daya tampung sekolah negeri tidak memadai. Bahkan direncanakan pengajuan pembangunan tersebut akan dilakukan untuk membangun enam gedung sekolah SMP dan tiga gedung sekolah SMA negeri. Menurut Hafid Nasir, Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Depok, mengungkapkan, janji realisasi pembangunan gedung sekolah negeri itu sudah mereka laksanakan dengan Dinas Pendidikan Kota Depok.

Ketika pihaknya sudah menyetujui anggaran pembangunan Sembilan gedung sekolah tingkat SMP dan SMA negeri yang diusulkan. Tidak tanggung-tanggung, anggaran yang digelontorkan tersebut mencapai Rp300 miliar lewat APBD murni. Ia melanjutkan, idealnya untuk menampung ribuan siswa dari 2 juta penduduk kota Depok meski mempunyai 22 gedung SMP dan 13 gedung SMA negeri. Akan tetapi, hingga sekarang infrastruktur pendidikan tersebut hanya mencapai 16 gedung SMP dan 10 gedung SMA negeri. Padahal setiap tahunnya siswa SD yang akan masuk SMP mencapai 16 ribu pelajar, dan SMA mencapai 5000 siswa.

Akibatnya, karena minimnya sarana pendidikan tersebut akhirnya para siswa itu memilih untuk sekolah di luar Depok. Ia menambahkan, Karena persoalan tersebut hingga akhir tahun  2015 Disdik harus segera menambahan enam SMP negeri dan 3 gedung SMA. Selain itu, nantinya di setiap kecamatan akan ada lima belas gedung SD, tiga gedung SMP dan dua gedung SMA negeri. Dan hal tersebut dalam penilaian legislatif ini akan menjadi solusi persoalan perbaiakan infrastruktur pendidikan yang selama ini kurang diperhatikan dalam menampung siswa Depok sendiri.

Hafid menjelaskan, Walau begitu penambahan sekolah jelas masih belum bisa menampung jumlah kelulusan dari jenjang SD ke SMP dan SMP ke SMA. Untuk itu, perlu sinergi dengan sekolah swasta dalam menampung siswa dari golongan kurang mampu. Untuk mewujudkan hal itu, mekanisme komunikasi Disdik, BMPS, Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dan stakeholder pendidikan lain. Ia juga mengatakan, selain infrastruktur Pemkot Depok harus mengimbangi pembangunan fisik sekolah dengan tenaga pendidiknya. Dan artinya, Disdik meski mengimbangi tenaga pendidik berkualitas.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok