Mengenal Penyakit Meningitis Yang Diderita Olga Syahputra

Mengenal Penyakit Meningitis Yang Diderita Olga Syahputra

HarianDepok.com – Entertaiment – Selebritis , Setelah berjuang hampir setahun melawan penyakitnya, Presenter sekaligus Komedian jenaka Olga Syahputra berpulang pada Jumat (27/03/2015) pukul 16.17 waktu setempat. Edric Tjandra, seorang pembawa acara yang mewakili manajemen yang menaungi Olga mengungkapkan, rekan seprofesinya itu sudah setahun menderita penyakit meningitis. Artis serba bisa itu sebelumnya sempat dirawat di RS Pondok Indah, Jakarta, dan selanjutnya dirawat di RS Mount Elizabeth, Singapura, sampai akhirnya Olga menghembuskan nafas terakhirnya. Penyakit meningitis bisa dikenali lewat beberapa gejala umum yang menyertainya.

Menurut Iris Rengganis, seorang dokter dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSCM, gejala umum-nya seperti sakit kepala, batuk, demam, pilek, radang tenggorokan dan kaku kuduk. Dokter Iris menjelaskan, jika berada di tingkat lanjut, seseorang dapat mengalami hilang kesadaran dan pingsan. Menurutnya, hanya dalam waktu 24 jam, tingkat keparahan meningitis bisa meningkat. Apabila tidak cepat ditangani, penderita bisa meninggal dunia. Meningitis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri meningokokus yang menyerang selaput otak dan sumsum tulang belakang.

Infeksi ini dapat terjadi karena peradangan yang disebabkan virus atau bakteri pada selaput tersebut. Penyakit ini juga mudah menyerang seseorang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh, iritasi nasofaring (karena rokok, infeksi saluran pernapasan). Iris menyatakan, penularan meningitis umumnya terjadi lewat kontak langsung dengan penderita atau terpaparnya cairan tubuh penderita lewat ludah, ingus, dahak, cairan tenggorokan dan cairan bersin. Iris menyarankan, untuk mencegah terjangkit penyakit meningitis, agar menerapkan perilaku hidup bersih, seperti dibiasakan mencuci tangan, memakai masker, terutama ketika bepergian ke wilayah endemik meningitis, mengkonsumsi minuman dan makanan dengan asupan nutrisi seimbang, dan melakukan vaksinasi.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok