Lima Fakta Kopilot Sengaja Tabrakkan Pesawat Germanwings

Lima Fakta Kopilot Sengaja Tabrakkan Pesawat Germanwings

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Menurut Brice Robin, jaksa penuntut umum Prancis mengatakan, pesawat sengaja diarahkan ke pegunungan Alpen oleh kopilot Germanwings dan terus menjatuhkannya. berdasarkan keterangan pers yang digelar Kamis (26/03/2015), Rekaman suara dalam ruangan pilot telah Robin kutip. Pesawat Germanwings yang mengangkut 150 penumpang beserta kru tersebut jatuh ketika melakukan penerbangan dari Barcelona, Spanyol, menuju Dusseldorf, Jerman, pada Selasa (24/03/2015).

Berikut adalah fakta-fakta peristiwa jatuhnya Germanwings seperti yang diungkapkan oleh Robin :

  1. Kopilot Andreas Lubitz (28), memegang kendali pesawat. “Kami mendengar pilot meminta kopilot memegang kendali pesawat dan terdengar pula suara pintu di tutup.” Ia menduga pilot mungkin pergi ke toilet.
  2. Sejak itulah kopilot sendirian di kokpit yang terkunci. Adapun pilot berusaha masuk , dan mendobrak pintu, namun tidak bisa.
  3. Air Traffic Controllers pun berusaha mengontak lagi pesawat tersebut, namun gagal. Kokpit tersebut, Andreas, masih hidup hingga saat benturan terakhir.
  4. Ketika kopilot sendiri, ia memencet tombol ‘the flight monitoring system’. Kopilot lalu menekan tombol yang menyebabkan kopilot kehilangan ketinggian.
  5. Pesawat Airbus 320 tersebut tiba-tiba mulai menukik turun dengan cepat. Terdengar juga penumpang menangis dan menjerit.

Saat ditanya apakah hal itu semacam bunuh diri? Robin mengatakan, “Saya tidak tahu, jika mengingat informasi yang saya miliki sekarang” kepolisisn Jerman saat ini tengah menyelidiki latar belakang kopilot. Sejauh ini prilaku kopilot Lubitz biasa-biasa saja, dan tidak menunjukkan tanda-tanda depresi. Menurut kawannya, Ruecker mengaku selalu memperhatikan Lubitz ketika belajar untuk menerbangkan pesawat. “ia dikaruniai feeling yang bagus,” ucapnya.

Ruecker mengungkapkan Lubitz sukses meraih lisensi sebagai kopilot di usia yang terbilang masih muda dan diterima sebagai calon pilot di Luffhansa usai menyelesaikan sekolah persiapan untuk masuk kuliah di Jerman. Lubitz mulai bergabung dengan Germanwings pada September 2013 lalu. Setelah pelatihan, ia pun langsung mendapatkan jam terbang 630 jam.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok