Dinas Kebakaran Kota Depok Kekurangan Petugas

Dinas Kebakaran Kota Depok Kekurangan Petugas

HarianDepok.com – Berita , Kota Depok adalah salah satu kota penunjang Ibukota DKI Jakarta yang perkembangan ekonomi dan penduduknya terbilang cukup pesat. Hal ini membuat pemerintah daerah kota Depok harus bekerja lebih keras untuk dapat mengimbangi tingkat kemajuan kotanya yang tinggi.

Terlihat di beberapa sektor telah dilakukan pembenahan, diantaranya yaitu sektor pendidikan, lingkungan dan kesehatan. Hal tersebut hingga kini masih menjadi prioritas utama pemkot Depok untuk dapat mengimbangi laju perkembangan kotanya sendiri.

Meski demikian, kota Depok di sektor pelayanan masyarakatnya dianggap masih kurang mumpuni. Pasalnya, hingga kini ada beberapa instansi pelayanan masyarakat di kota belimbing tersebut masih kekurangan tenaga pekerja. Salah satunya adalah Pemadam Kebakaran kota Depok.

Diketahui bahwa saat ini, jumlah petugas petugas pemadam kebakaran kota Depok hanya berjumlah 170 orang saja, hal tersebut dianggap masih belum cukup untuk melayani 2 juta penduduk kota Depok. Idealnya, untuk memenuhi 2 juta penduduk kota Depok, diperlukan sekitar 400 petugas pemadam kebakaran untuk dapat mencegah dan menanggulangi bencana kebakaran di kota ber ikon belimbing tersebut.

Kepala Disdamkar Depok Yayan Arianto mengatakan, bahwa pihaknya memang saat ini masih kekurangan personil untuk bisa melayani masyarakat kota Depok. Selain daripada itu, pihaknya juga masih kekurangan alat alat penunjang. Saat ini, Dinas pemadam Kebakaran kota Depok hanya mempunyai 170 petugas dengan enam inspektur.

Meski masih kekurangan akan petugas dan alat alat, pihaknya akan terus berupaya dan konsisten untuk menanggulangi kebakaran di seluruh kota Depok. “Meski tidak ideal dari jumlah personel, kami tak mau lengah dan akan tetap konsisten dalam memadamkan api yang berkobar,” kata Yayan, Rabu (25/03/2015).

Pemerintah kota Depok harus berbangga hati. Meski kekurangan tenaga serta minimnya sarana dan prasana penunjang, Damkar kota Depok sudah memberikan kontribusi yang maksimal. Terbukti dengan performa para petugas kebakaran untuk menanggulangi kebakaran di kota Depok mendapat penghargaan kategori Daerah Berprestasi Tinggi Pencegahan Kebakaran Bangunan Gedung dan Pemukiman.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melalui Wakil Walikota Depok Idris Abdul Shomad pada beberapa waktu yang lalu.(Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: