Tanda Akan Naiknya Harga Sepeda Motor Dari Honda

Tanda Akan Naiknya Harga Sepeda Motor Dari Honda

HarianDepok.com- Otomotif – Motor , Meski nilai tukar rupiah mulai mengalami penguatan di akhir pekan lalu, namun rupiah masih belum stabil. Dengan nilai tukar rupiah yang lemah terhadap dollar, maka dapat dipastikan perekonomian di Indonesia ini juga masih belum stabil. Maka tak heran apabila banyak pihak yang menaikan harga barang produksinya. Hal ini semata- mata dilakukan agar produsen tidak terlalu mendapatkan kerugian yang besar.

Sejalan dengan hal itu, produsen otomotif juga ikut terkena imbas atas fluktuatifnya nilai tukar rupiah. Pada awal melemahnya nilai tukar rupiah kali ini, banyak produsen otomotif yang masih kekeh mempertahankan harganya. Akan tetapi hal tersebut nampaknya dilakukan sangat berat. Nah sinyal mulai meminimalisir kerugian yang mereka derita nampaknya mulai  terlihat dari pabrikan asal Jepang Honda.

Untuk produsen yang melakukan produksinya didalam negeri dan komponenya lokal, kenaikan masih dapat dikendalikan. Akan tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi motor- motor yang yang didatangkan secara langsung dari luar negeri/ impor/ CBU. Harga komponen buatan luar serta biaya perakitan di luar Indonesia, dapat dipastikan harganya pun pasti mengikuti dolar. Hal terseut juga terjadi pada beberapa tipe motor milik Honda.

“Seperti halnya model impor layaknya Honda PCX dan CBR250 sudah tentu tidak bisa lagi kita menahan kenaikanya. Karena motor CBU sangat tergantung terhadap situasi rupiah,” ungkap Direktur Pemasaran  PT Astra Honda Motor (AHM), Margono Tanuwijaya.

Lebih lanjut ia memaparkan, jangan kaget apabila lambat laun model motor produksi lokal juga akan mengalami kenaikan. Karena beberapa motor lokal buatan dalam negeri ada yang masih menggunakan komponen dari luar negeri. Pernyataan itulah yang menjadi sinyal kuat jika pihak pabrikan Honda akan menaikan harga jual motornya di tanah air yang dikarenakan rupiah yang tidak juga membaik.

Meski sudah ada sinyak yang kuat perihal naiknya harga motor dari Honda. Pihak produsen AHM sendiri belum mau memaparkan secara detail berapa persen kenaikan tersebut akan dilakukan.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: