Pengkajian Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Masih Dilakukan

Pengkajian Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Masih Dilakukan

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Seperti yang diakui Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN), dalam rencana untuk kenaikan biaya iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan masih dalam masa pengkajian dan belum mencapai kesepakatan yang final. Pihaknya juga membantah prihal kabar yang menyatakan dalam 1-2 bulan ke depan telah ada penetapan rencana kenaikan iuran tersebut. Ketua DJSN, Chazali Situmorang menyatakan, usulan kenaikan iuran BPJS tersebut adalah sebuah bentuk reaksi dari kondisi keuangan dalam BPJS yang mengalami defisit dalam 1 tahun pelaksanaannya.

Chazali mengatakan, usulan kenaikan iuran BPJS yang ditawarkan sebesar Rp 27.500 ini tidak lain adalah seperti yang diusulkan ketika perencanaan awal. “Akan tetapi pada saat itu yang disetujui pemerintah di bawah itu,” ucap Chazali, Rabu (25/03/2015). Jumlah peserta BPJS kesehatan totalnya pada semester I tahun 2014 mencapai 124,55 juta orang.

Selain itu, hingga akhir Desember 2014 jumlah peserta bertambah menjadi 133,42 juta orang. Berdasarkan dari jumlah tersebut maka, pada semester II tahun lalu terjadi peningkatan jumlah peserta BPJS kesehatan sebesar 7,12 persen jika dibandingkan dengan semester I sebelumnya. Untuk catatan, pendapatan iuran bruto sepanjang tahun 2014 lalu seperti yang tercantum dalam RKA mencapai Rp 39,95 triliun. Selain itu, target pendapatan mencapai Rp 40,84 triliun. Dengan kondisi seperti itu maka menggambarkan pencapaian target pendapatan iuran sudah mencapai 102,2 persen.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok