Terkuncinya Pintu Kokpit dalam Insiden Jatuhnya Germanwings Belum dapat Diketahui

Terkuncinya Pintu Kokpit dalam Insiden Jatuhnya Germanwings Belum dapat Diketahui

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Berdasarkan hasil dari penyelidik insiden jatuhnya pesawat Airbus A320 milik maskapai Germanwings, mengungkap temuan jika ada seorang pilot tengah terkunci di luar kokpit, sebelum pesawat terjatuh di pegunungan Alpen, Selasa (24/03/015). Seperti yang dirilis Sydney Morning Herald, Kamis (26/03/2015) Seorang pilot Australia menyatakan, bahwa  pintu kokpit Airbus A320 yang terkunci bisa dibuka dari luar, dengan memasukan kode darurat ke papan tombol. Andaikan pilot yang mengendalikan pesawat mengalami kondisi tertentu, pintu tersebut akan terbuka secara otomatis setelah beberapa saat pemberian kode yang tepat.

Sebaliknya pilot di dalam kokpit juga dapat memblokir akses masuk. Namun jika pilot dalam kokpit bereaksi sebelum pintu terbuka, setelah kode darurat dimasukkan, maka pintu tersebut tidak akan terkunci. “Misalkan orang yang berada di dalam mengatakan ‘tidak’, maka Anda tidak akan bisa masuk,” ucap pilot Australia itu. Dengan fakta tersebut seakan menepis dugaan jika pilot dalam kondisi tidak sadar, karena untuk menghalangi dibukanya pintu menggunaan kode keamanan, pilot yang berada di dalam kokpit harus melakukan sesuatu terlebih dulu.

Berdasrkan rekaman suara kokpit mengungkapkan, jika pilot yang berada di luar kokpit berusaha untuk mendobrak pintu. Seperti yang dikutip SMH, menurut seorang pilot Australia, pintu kokpit sangat terlindung serta sulit untuk dibuka paksa, walaupun dilakukan oleh banyak orang. Di Amerika Serikat (AS), banyak maskapai mempunyai kebijakan “Dua dalam kokpit”. Yang artinya jika salah satu pilot harus keluar, seperti untuk ke toilet, maka seorang pramugara ataupun pramugari harus masuk ke dalam kokpit.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok