Kemenritek Kembangkan Mobil Murah untuk Pedesaan

Kemenritek Kembangkan Mobil Murah untuk Pedesaan

HarianDepok.com – Berita – Nasional, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi kini terus melakukan penelitian dalam rangka pengembangan mobil murah dalam negeri.

Muhammad Nasir, Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengatakan bahwa Pengembangan mobil murah ini nantinya diproyeksikan untuk membantu transportasi masyarakat di pedesaan.  Selasa (24/3).

“pengembangan mobil murah kali ini adalah untuk masyarakat pedesaan dengan kalangan menengah ke bawah.” Ujarnya.

Melalui mobil ini diharapkan akan bisa membantu kelancaran transportasi di pedesaan dan sekaligus bisa meningkatkan perekonomian di pedesaan.

Ia menjelaskan,  mobil yang diproduksi tersebut nantinya bisa menggantikan sepeda motor yang selama ini dipakai oleh masyarakat.

Mobil murah itu juga dapat digunakan untuk kepentingan sehari-hari ataupun untuk kepentingan bisnis seperti mengangkat hasil kebun yang dimiliki oleh masyarakat desa.

“Kita akan fokus untuk mengembangkan mobil tersebut, nantinya bisa sebagai pengganti sepeda motor,” kata Muhammad Nasir yang didampingi oleh Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo.

Saat dimintai keterangan  tentang siapa yang nantinya bakal memproduksi kendaraan tersebut, menurutnya ada beberapa perusahaan yang rencananya bisa diajak kerjasama untuk mengembangkan mobil itu. Pihaknya juga menyebutkan tidak harus Esemka yang nantinya akan mengembangkan mobil itu.

Menurutnya bisa perusahaan lain dalam negeri yang dapat mengembangkan dan memproduksinya, asalkan menjadikan mobil tersebut layak pakai dan harganya terjangkau bagi masyarakat pedesaan.

“Tidak harus Esemka, bisa perusahaan lain, kalau proton bukan untuk mengembangkan mobil itu, namun untuk pengembangan yang lain,” pungkasnya.

[MuhammadKhotib/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)