Cahaya Kebiruan Yang Indah Di Pantai Maladewa

206

HarianDepok.com – Berita Unik – Suatu malam yang berangin di Maladewa. Wil Ho terpana menyaksikan hamparan pantai yang diterangi cahaya kebiruan yang indah. Fotogafer asal Taiwan yang sedang berbulan madu dengan istrinya itu tak pernah menyangka akan menemukan momentum ‘magis’ di tepian Samudera Hindia.

Pemandangan menakjubkan tersebut dihasilkan dari bioluminesensi dari fitoplankton. Ho menyaksikan banyak organisme kecil, yang bersinar mirip kunang-kunang dibawa ombak dan terdampar di pantai. Mereka lalu menciptakan pola-pola yang mempesona di perairan dangkal. Indah.

Organisme mini itu diyakini mengeluarkan cahaya ketika mengalami tekanan atau stres. Menurut Ho, malam itu angin bertiup kencang. Makhluk tersebut mungkin dibuat gelisah oleh ombak yang besar.

“Saya sangat beruntung menyaksikan pemandangan indah seperti itu. Saya mengambil sejumlah gambar kenangan luar biasa itu dengan kamera. Namun, hati saya sedih melihat penampakan sampah-sampah di pantai, saat memperbesar gambarnya di laptopku,” kata Ho di laman Flickr-nya, seperti dimuat Daily Mail edisi 23 Januari 2014.

Ho juga mengambil foto jejak-jejak kaki yang bercahaya. Jejak itu muncul saat organisme yang berada di permukaan pantai yang basah, merasa tertekan ketika mereka diinjak.

Ahli biologi kelautan, Jorge Ribas mengatakan, air laut di Maladewa saat itu dipenuhi fitoplankton bioluminesensi yang disebut Lingulodinium polyedrum.

Mikroorganisme itu bersinar ketika mengalami stres. Penyebabnya termasuk gelombang yang kuat, dayung yang menghentak air, juga percikan air dari papan selancar.

 

 

[Irma wulandari/HD]

Tags:
author

Author: 

Publisher & Content Writer