Indonesia Akan Dijadikan Jepang Sebagai Basis Produksi Otomotifnya

Indonesia Akan Dijadikan Jepang Sebagai Basis Produksi Otomotifnya

HarianDepok.com- Bisnis – Sejumlah produsen otomotif asal negeri Sakura Jepang berencana menjadikan Indonesia sebagai basis produksi terbesarnya. Guna mendukung rencana tersebut, diantara produsen yang memiliki rencana itu adalah Mitsubishi Motor Corporation, Toyota Corporation, serta Yamaha Corporation telah menyatakan peningkatan investasinya di Indonesia.

“Yamaha dan Mitsubishi akan menanamkan investasinya di Indonesia, serta mereka juga akan menjadikan Indonesia sebagai basis penting untuk melayani pasar lokal dan ekspor,” Ujar Wijayanto Samirin selaku Staf Khusus Wakil Presiden di Bidang Ekonomi serta Keuangan, Senin (23/ 3/ 2015).

Menurutnya saat ini banyak perusahaan yang berasal dari Jepang masih mengkonsentrasikan produksinya di Thailand. Sedangkan di negara tersebut memiliki resiko yang besar yang diakibatkan oleh situasi politik dan ancaman banjir, yang pernah terjadi pada beberapa tahun yang lalu. Hal tersebut yang merupakan salah satu penyebab Yamaha dan Mitsubishi memindah pabriknya di Indonesia.

Rencananya Mitsubishi akan memperbanyak produksi kendaraan penumpang di Indonesia. Karena selama ini pabrik Mitsubishi yang ada di Indonesia masih terfokus terhadap jenis kendaraan niaga baik untuk pasar dalam negeri atau memenuhi kebutuhan ekspor.

Sementara itu, Dyonisius Beti selaku wakil Presiden Direktur Yamaha Kencana Motor Indonesia belum dapat memberikan informasi mengenai tambahan investasi yang dilakukan Yamaha di tanah air. pada pertengahan tahun lalu, Yamaha baru akan mulai memproyeksikan pabrik motor  250 cc serta investasi dengan nilai men’capai 1 triliun yang dilakukan sejak 3 tahun yang lalu.

Selain itu, raksasa otomotif lianya yakni Toyota Corporation juga mempunyai rencana besar guna memperluas pabriknya yang ada di Indonesia. Toyota sendiri akan menambah invetasinya sebesar US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 12 triliun. Bahkan Group Toyota sempat menyatakan jika mereka akan menanamkan investasinya hingga mencapau Rp 13 triliun antara  tahun 2012 hingga 2017.

Jepang merupakan investor yang paling memiliki potensi di Indonesia. Sepanjang kuartal pertama hingga ketiga di tahun 2014, investasi Jepang mampu menembus angka US$ 2,04 miliar.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: