Guncangan Gempa di Kawasan Tegal Tidak Pengaruhi Aktivitas Gunung Slamet

Berita Gempa, Gunung Slamet, Gempa di Tegal

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Menurut Slamet Sudrajat, Kepala Pos Pengamatan Gunung Api mengatakan,, gempa tektonik yang mengguncang Tegal, Jawa Tengah, pada Senin (23/03/2015) dini hari tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Selamet yang saat ini berstatus “Waspada”. Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi pada hari Senin (23/03/2015) , pukul 01.05 WIB, berkekuatan 4,9 Skala Richter yang berpusat di darat pada lokasi 6.85 lintang selatan dan 109.1 bujur timur atau 4 kilometer, serta dirasakan II-III Modified Mercalli Intensity (MMI).

Sudrajat mengungkapkan, walau demikian pihaknya belum bisa memastikan bahwa gempa tersebut akan memberikan pengaruh tidak langsung terhadap aktivitas Gunung Slamet. Ia pun mengakui jika Gunung Selamet yang berlokasi di wilayah Kabupaten Tegal, Banyumas, Purbalingga, Berebes dan Pemalang sejak tanggal 18 Februari 2015 mengalami peningkatan aktivitas. Bahkan pada hari Sabtu (21/03/2015), Gunung Slamet sempat kembali memunculkan gempa tremor.

Saat ditanya mengenai kemungkinan gempa tremor tersebut berdampak pada munculnya lontaran material pijar ataupun letusan abu, Sudrajat menyatakan hal tersebut belum bisa dipastikan oleh pihaknya. Ia juga mengungkapakan, jika gas yang dikeluarkan Gunung Selamet lewat gempa embusan tetap stabil atau tidak perlu mendobrak, kemungkinan gas akan reda dalam beberapa waktu ke depan. Namun misalkan keluar gas tersebut tidak stabil, bisa jadi akan ada letusan abu.

[ TaufikHidayat/HD ]

 

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok