Selain Guncangan Gempa di Aceh, Guncangan Gempa di Tegal Juga Terasa di Cirebon

Selain Guncangan Gempa di Aceh, Guncangan Gempa di Tegal Juga Terasa di Cirebon

HarianDepok.com – Berita – Nasional , Gempa berkekuatan 5,1 Skala Ritcher kembali terjadi di Aceh, pada Senin (23/03/2015) dini hari. guncangannya pun terasa sampai ke Kota Cirebon, Jawa Barat dan sekitarnya. Di waktu yang sama sebelum gempa di Aceh terjadi, gempa berkekuatan 4,9 SR juga terjadi di wilayah Jawa Tengah pada pukul 01.05 WIB. Menurut Ahmad Faa Iziyn, Forecaster BMKG Stasiun Majalengka Jawa Barat mengatakan, “Pusat gempa terjadi di darat, 4 kilometer Barat laut,Tegal, Jawa Tengah.” Ia melanjutkan, Getarannya tidak berlangsung lama, namun guncangannya cukup kuat sehingga membuat lantai dan benda-benda bergerak. menurutnya gempa di Jawah Tengah terjadi sebelum gempa di Aceh Jaya.

Menurut Hendrik, seorang warga Desa Cilengkrang, Kecamatan Pasaleman, Cirebon, mengaku merasakan guncangan tersebut sekitar pukul 01.14 WIB. Durasi getaran pun tidak lama, hanya sekitar 30 detik. Lantai rumahnya bergetar dan lemarnya ikut bergoyang. “Walau  terasa tidak terlalu besar, namun membuat kepala sedikit pusing,” ucapnya. Hingga saat ini belum diketahui informasi lebih lanjut terkait dampak dan kondisi wilayah yang mengalami gempa di Jawa Tengah tersebut. Perhatian publik sebelumnya hanya terpusat ke gempa yang terjadi Aceh, karena situs BMKG belum sempat memuat informasi gempa yang terjadi di Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, wilayah Tegal, Jawa Tengah, menjadi pusat terjadinya gempa berkekuatan 4,9 SR sekitar pukul 01.05 WIB. Pusat gempa di titik koordinat 6,85 Lintang Selatan dan 109,1 Bujur Timur. Kedalamannya yaitu 14 Km. Sedangkan menurut situs www.bmkg.go.id, gempa berkekuatan 5,1 SR mengguncang wilayah Aceh Jaya sekitar pukul 01.12 WIB. Pusat gempa berada di 2,54 Lintang Utara dan 89,69 bujur timur. Posisi gempa berada di 711 kilometer barat daya Kabupaten Aceh Jaya. Dan kedalaman pusat gempa 10 kilometer dan tidak berpotensi menimbulkan bencana tsunami.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok