Prancis Tetapkan Pemasangan Panel Surya Di Atap Bangunan Untuk Menghemat Energi Listrik

Prancis Tetapkan Pemasangan Panel Surya Di Atap Bangunan Untuk Menghemat Energi Listrik

HarianDepok.com – Tekno , Pemerintah Prancis  belum lama ini membuat peraturan baru yang harus dipatuhi oleh warga negaranya terkhusus untuk bangunan komersial. Peraturan tersebut menyataka bahwa setiap atap bangunan yang berada pada zona komersil harus dipasang panel surya atau bisa meletakkan tanaman diatas atap. Sebelumnya turbin angin ini disematkan pada menara eiffel yang bertujuan untuk menyimpan banyak energi listrik dalam hal pencahayaan malam hari.

Sebagaimana yang dinyatakan pada laman ubergizmo dihari ini (23/03/2015) menyatakan bahwa peraturan ini memiliki tujuan untuk dapat menghemat energi. Dengan menyematkan ubin hijau tersebut maka dapat mengurangi energi yang dibutuhkan agar dapat mendinginkan bangunan ketika musim panas dan memanaskan bangunan kerika musim dingin.

Beberapa ahli ekologi juga menyatakan dengan menggunakan atap hijau ini juga mampu membantu alam, seperti memberikan tempat bersarang burung untuk area hutan beton. Hal ini akan terjadi ketika bangunan memilih untuk memanam tumbuhan di atas atap. Sementara itu jika atap menggunakan panel surya maka akan dapat memiliki keunggulan terhadap pemberian energi yang berkelanjutan untuk bengunan tertentu. Dengan memuliki panel surya ini maka akan mengurangi tagihan listrik. Sebelumnya peraturan ini diserukan oleh para aktivis untuk semua bangunan memiliki panel surya ataupun penanaman tumbuhan diatas atas secara keseluruhan bagi warga prancis. Namun pemerintah membatasinya hanya untuk bangunan komersial.

Langkah yang dipilih oleh pemerintahan prancis ini sangatlah efektif  untuk mengurangi keborosan tenaga listrik yang digunakan. Sehingga dengan demikian maka panel surya ini akan dipasang untuk bangunan- bangunan komersial secara menyeluruh. Pemberlakuan peraturan ini memberikan dampak positif dalam penggunaan tenaga listrik. Sementara itu para warga juga sangat setuju dengan adanya peraturan baru tersebut. Teknologi canggih ini sudah dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelumnya peraturan ini ditetapkan. Kecanggihan teknologi ini akan dapat membuat prancis lebih hemat dalam penggunaan tenaga listrik.

[AndriIdaman/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)