Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew Tutup Usia

Bapak Pendiri Singapura Lee Kuan Yew Tutup Usia

HarianDepok.com – Berita – Internasional , Setelah dirawat di rumah sakit sejak 5 Februari lalu, Lee Kuan Yew, mantan Perdana Menteri (PM) Singapura, akhirnya meninggal dunia. Tokoh yang dikenal sebagai Bapak Pendiri Singapura tersebut wafat di usia 91 tahun di Singapore General Hospital, Senin (23/03/2015) dini hari. Pengumuman kabar wafatnya Lee tersebut disampaikan oleh Lee Hsien Loong, putra tertuanya yang juga menjabat sebagai Perdana Menteri Singapura. Dalam sebuah statement yang dikeluarkan kantor PM Singapura, Loong menyatakan jika ayahnya meninggal dunia pada pukul 03.18 waktu setempat. “Perdana Menteri dengan duka mendalam mengumumkan meningalnya Bapak Lee Kuan Yew,” kicau pernyataan tersebut. “Bapak Lee meninggal dengan damai di Singapore General Hospital hari ini pukul 03.18 dalam usia 91 tahun.”

Loong sebelumnya selalu mengabaran kondisi ayahnya ketika mulai dirawat sejak 5 Februari lalu. Hampir setiap hari Loong memberikan kabar terbaru mengenai kondisi ayahnya, termasuk ketika ayahnya akan mendapatkan suntikan antibiotik dari dokter. Namun kemarin Minggu (22/03/2015), Loong mengabarkan jika kondisi ayahnya sudah mulai melemah. Singapura selanjutnya akan menyiapkan penghormatan terakhir untuk Lee. Publik juga akan mendapatkan kesempatan untuk memberikan penghormatan terakhir untuk salah satu tokoh legendaris Asia tersebut. Lee wafat dengan meninggalkan anak-anaknya, yaitu Lee Hsien Loong (63), Lee Wei Ling (60), Lee Hsien Yang (57), dan kedua putri menantu yakni Lee Suet-Fern dan Ho Ching, serta dua saudara kandung dan tujuh cucu. Sebelumnya pada tahun 2010 silam istri Lee, Kwa Geo Choo sudah meninggal dunia terlebih dulu di usia 89 tahun.

Lee sebelumnya dikenal sebagai seorang bapak Singapura modern. Pada 5 Februari lalu akibat penuemonia ia dilarikan ke rumah sakit. Semenjak dirawat, Lee kebanjiran doa dan dukungan dari warganya yang dilakukan dengan cara mengirimkan bunga atau pun kartu ucapan ke rumah sakit tempat ia dirawat. Lee juga dikenal sebagai figur berpengaruh dalam sejarah Asia. Dia dikenal berhasil mengantarkan Singapura dari negeri bekas jajahan Inggris menjadi negara yang kuat di bagian keuangan dan pempunyai pendapatan per kapita tertinggi di dunia. walaupun aktivitas Lee di depan publik dan panggung politik sudah mulai berkurang, namun Lee masih menjadi politikus berpengaruh. Putranya pun Lee Hsien Loong telah menjabat sebagai PM Singapura dari mulai tahun 2004.

[ TaufikHidayat/HD ]

Tags:
author

Author: 

Writer and Author In HarianDepok