TPST Nambo, Solusi Meningkatnya Sampah si kota Depok

TPST Nambo, Solusi Meningkatnya Sampah si kota Depok

HarianDepok.com – Berita – Cipayung , Berbagai macam cara yang dilakukan oleh pemerintah kota Depok untuk dapat menanggulangi sampah sampah yang ada di kotanya, mulai dari diadakannya kerja sama dengan pemerintah Jepang, pembuatan peraturan daerah yang ditujukan untuk mengendalikan sampah hingga pembangunan beberapa tempat untuk mengolah sampah sehingga bisa bernilai ekonomis tinggi, dianggap masih kurang.

Pasalnya, sampai saat ini, sampah sampah yang dihasilkan oleh kotanya dari tahun ke tahun semakin bertambah yang diakibatkan oleh meningkatnya kepadatan penduduk di kota ber ikon belimbing tersebut. Meningkatnya dua faktor tersebut diduga akibat dari lambatnya pembangunan tatanan kota dan kurangnya himbauan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan.

Hingga kini, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah kota Depok yang berada di wilayah Cipayung ditaksir untuk tahun tahun kedepannya sudah tidak memungkinkan lagi untuk menampung sampah sampah kota Depok, sehingga diperlukan adanya perluasan di TPA tersebut. Perluasan tersebut rencananya akan dilakukan dengan sesegera mungkin oleh pemerintah kota Depok demi menunjang kuota sampah yang dihasilkan oleh kotanya.

Walikota Depok, Nur Mahmudi Ismail mengatakan bahwa, rencana untuk perluasan lahan TPA di Cipayung akan segera direalisasikan secepat mungkin meskipun di TPA tersebut masih terjadi adanya penolakan oleh beberapa warga di wilayah tersebut. Hal itu dilakukannya demi untuk menunjang kebutuhan masyarakat kota Depok yang kini produksi sampahnya semakin banyak tiap tahunnya.

Di lain hal, Nur juga berharap Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Nambo di Kecamatan Klapanunggal, Kabupaten Bogor, Jawa Barat bisa segera untuk dioperasikan pada tahun 2016 mendatang. Dianggapnya bahwa dengan adanya TPST tersebut, bisa menjadi solusi tentang sampah di kotanya, ungkapnya saat meninjau lokasi tersebut pada Jum’at (20/03/2015).

Nur juga mengaku, hingga sampai saat ini, dirinya tengah melakukan koordinasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Bogor, dan Kota Bogor untuk dapat segera mengaktifkan TPST Nambo, sehingga diharapkan bisa menjadi salah satu solusi akan permasalahan sampah yang dihadapi oleh pihaknya. (Izl)

[MuhammadKhotib/HD]

Tags: