Presiden Jokowi Menawarkan Proyek Infrastruktur Ke Jepang dan Cina

 

Presiden Jokowi Menawarkan Proyek Infrastruktur Ke Jepang dan Cina

HarianDepok.com- Bisnis, Presiden Jokowi (Joko Widodo) rencananya akan menawarkan beberapa proyek infrastruktur kepada para investor asal Cina dan Jepang dalam lawatanya ke kedua negara tersebut. Presiden dijadwalkan akan berkunjung ke dua negara tersebut selama enam hari yakni pada 22 hingga 28 Maret nanti.

Arrmanatha Nasir selaku Juru Bicara Kementrian Luar Negeri menjelaskan, Presiden Jokowi menginginkan investor dari Cina dan Jepang dapat ikut serta dalam dalam partisipasi pembangunan infrastruktur kemaritiman yang diproyeksikan oleh pemerintah. Terdapat 24 proyek pelabuhan yang akan ditawarkan oleh pmerintah kepada dua negara tersebut.

Selain proyek pelabuhan, Presiden juga akan menawarkan beberapa proyek infrastruktur lainya, seperti pembangkit tenaga listrik dan jalan raya. “Oleh karena itu, ada sejumlah CEO (Chief Executive Officer) besar yang nantinya akan bertemu secara langusung pada presiden dan kan berbicara mengenai investasi di bidang maritim,” ujar Arrmanatha, Jakarta, Jumat (20/ 3/ 2015).

Rombongan Presiden sendiri akan tiba di Tokyo, Jepang pada tanggal 22 Maret serta dijadwalkan akan bertemu dengan kaisar Jepang Akihito. Setelah itu Presiden akan melakukan pertemuan belateral dengan Shinzo Abe perdana Menteri Jepang. Selain itu, presiden juga akan menjadi pembicara di depan forum bisnis Jepang serta akan dihadiri oleh 1.000 lebih investor.

Lebih lanjut ia menjelaskan, salah satu sektor yang terkait industri maritim yang akan dibicarakan Jokowi dengan Jepang adalah perihal sektor pertahanan. Jokowi dijadwalkan akan mendatangani nota kesepemahaman MoU (Memorandum of Understanding) bersama Jepang perihal peningkatan kapasitas industri militer serta alat utama sistem pertahanan atau alutsista.

Pada tanggal 26 Maret, Presiden dijadwalkan akan mendarat di Beijing guna bertemu dengan presiden Xi Jinping untuk membahas potensi peningkatan kerjasama terhadap kedua negara, di situ Presiden Joko Widodo juga memiliki kesenpatan untuk menjadi pembicara utama pada Boao Forum for Asia (BFA). BFA sendiri merupakan forum perundingan ekonomi yang ada di tingkat Asia.

[NurMungil/HD]

Tags:
author

Author: 

"Sesempurna apa pun kopi yang kamu buat, kopi tetap kopi, punya sisi pahit yang tak mungkin kamu sembunyikan.” (Internet Marketers & Publisher)